p4tkmatematika.org

PRODUK

Pembelajaran Trigonometri SMA

May 14, 2009 by admin in SMA with 6 Comments

Pembelajaran Trigonometri SMA
Penulis:Al. Krismanto, M.Sc.

Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis,kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika yang disusun, khususnya dalam trigonometri, digunakan sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas, di samping pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan trigonometri dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.

Kurikulum juga menuntut pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Juga diharapkan pembelajaran hendaknya
dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Namun sering dijumpai adanya kesulitan guru membelajarkan siswa dalam lingkup trigonometri dengan pendekatan di atas. Hal itu terutama karena guru lebih terbiasa dengan manipulasi rumus-rumus yang banyak dijumpai dalam trigonometri, sehingga trigonometri menjadi kering. Hal ini menyebabkan adanya anggapan di lapangan matapelajaran matematika, khususnya trigonometri masih merupakan mata pelajaran yang cenderung kurang menarik dan sukar bagi siswa. Jika dicermati, sesungguhnya banyak peluang mengembangkan pembelajaran berbasis masalah dan kontekstual dalam pembelajaran trigonometri. Inilah yang hendak dicoba diatasi melalui paket ini.

Penulisan Paket Fasilitasi Pemberdayaan MGMP bertujuan umum antara lain untuk dapat memfasilitasi MGMP Matematika agar dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Secara khusus paket ini berfokus pada pembelajaran Trigonometri dan mempunyai beberapa tujuan, di antaranya untuk:
1. membekali guru dalam mengantar anak didiknya menguasai standar kompetensi dalam hal menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah, agar siswanya memiliki kompetensi dasar untuk
a. melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.
b.merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.
c. menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya.

2. menambah wawasan para guru matematika SMA, mengenai trigonometri agar agar dapat menyajikan materi ajar ini dengan baik.
3. menambah referensi tentang pembelajaran trigonometri, dengan pendekatan pemecahan masalah, sehingga diharapkan dapat membantu para guru matematika SMA di dalam mengelola pembelajarannya.

Isi bahan yang termuat di sini adalah:
1. “Trigonometri Dasar dan Pembelajarannya” yang mencakup Pengertian Sudut, Ukuran Sudut, Mendefinisikan sinus, kosinus dan tangen,Penguasaan Keterampilan Dasar Perbandingan Trigonometri, dan Perluasan Nilai Perbandingan Trigonometri, dilanjutkan dengan. Pembelajaran Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa dan Rumus Perbandingan Trigonometri Sudut yang Berelasi serta Hubungan Perbandingan Trigonometri suatu Sudut.
2. Pembelajaran Identitas, yang memuat Pengertian dan Landasan dasar dalam membuktikan kebenaran identitas.

3. Grafik Fungsi Trigonometri.


Download ebook Pembelajaran Peluang SMA

Alternatif download

Download dari MegaUpload

Mohon masukan dan saran perbaikan paket fasilitasi KKG MGMP Matematika ini. Silahkan mengirim komentar di form di bawah ini.

Paket modul ini dapat disebarluaskan untuk kepentingan non-komersial dengan mencantumkan sumber asli p4tkmatematika.com

Daftar Lengkap Fasilitasi KKG MGMP Matematika



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tagged , , , , , ,

6 Comments

  1. gregoriusJune 15, 2009 at 3:40 am

    Materinya bagus-bagus pa sangat membantu para guru di daerah seperti kami. saya tidak susah untuk mengunduh buku model bagi mahasiswa saya yang merupakan calon-calon guru

    [Reply]

  2. RABIATUL ADAWIYAHFebruary 25, 2010 at 10:25 pm

    untuk semua siswa ku di sumenep, jangan pernah berpikir matematika itu susah, selalu rajin berlatih soan n belajar secara kontinu itu akan membuang fikiran matematika pelajaran yang susah asal kalian rajin insyaAllah segala kesulitan pasti ada jalan

    [Reply]

  3. RABIATUL ADAWIYAHFebruary 25, 2010 at 10:25 pm

    untuk semua siswa ku di sumenep, jangan pernah berpikir matematika itu susah, selalu rajin berlatih soal n belajar secara kontinu itu akan membuang fikiran matematika pelajaran yang susah asal kalian rajin insyaAllah segala kesulitan pasti ada jalan

    [Reply]

  4. esSeptember 28, 2010 at 11:27 am

    terima kasih banyak untuk situs ini, lengkap dan berisi artikel2nya, luck terus untuk penulis dan adminnya, salam dari es – depok

    [Reply]

  5. AbiedFebruary 12, 2011 at 2:03 am

    Artikelnya boleh dicopy kan Pak?
    Izin pasan link-nya.

    [Reply]

  6. hanindaOctober 27, 2011 at 7:18 am

    wah…… matematika pusing banget, tapi menyenangkan

    [Reply]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik