p4tkmatematika.org

KERJASAMA

PPPPTK Matematika Memberikan Layanan Bimbingan Teknis Kepada MIN I Tempel, MGMP Matematika SMP Kota Sukabumi, dan SD Bantul Manunggal

February 11, 2011 by admin in Februari2011 with 0 Comments

PPPPTK Matematika Yogyakarta pada tanggal 8 Februari 2011 memberikan layanan Bimbingan Teknis kepada siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri I (MIN) Tempel. Para siswa tersebut memperoleh materi Matematika Rekreasi diantaranya permainan labirin, origami, teka-teki korek api, tebak angka, dan pemutaran film matematika. Selama kegiatan para siswa dipandu oleh tim Mathematics Playground PPPPTK Matematika. Selain itu, siswa tersebut juga memperoleh materi Pemanfaatan Alat Peraga Matematika SD dari tim Laboratorium Matematika PPPPTK Matematika. Dalam materi ini, para siswa diajak bermain dengan menggunakan media yaitu Tangram Cina dan Loncat Katak. Melalui media Tangram Cina, siswa diajarkan mengenali bentuk bangun datar dan selanjutnya siswa membuat bentuk imajinatif dengan bangun datar tersebut. Sedangkan melalui media Loncat Katak, siswa diberi stimulasi untuk belajar memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika.

Selanjutnya, pada tanggal 9 Februari 2011, PPPPTK Matematika Yogyakarta juga memberikan layanan Bimbingan Teknis kepada 45 orang guru matematika SMP dari MGMP Matematika SMP Kota Sukabumi. Rombongan diterima oleh Plh. Kepala PPPPTK Matematika Yogyakarta di Ruang Gamma dan memperoleh gambaran umum mengenai Profil dan Kebijakan PPPPTK Matematika. Untuk Bimbingan Teknis ini, peserta memperoleh materi mengenai Model-model Pembelajaran Matematika SMP, Mathematics Mobile Learning (MML), dan Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Penyajian materi tersebut disampaikan langsung oleh Widyaiswara PPPPTK Matematika. Selain itu, peserta juga memperoleh materi Matematika Rekreasi yang disampaikan oleh Tim Mathematics Playground.

Tanggal 10 Februari 2011, PPPPTK Matematika Yogyakarta menerima kunjungan siswa dan Tim Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari SD Bantul Manunggal, Bantul. Peserta diterima oleh Plh. Kepala PPPPTK Matematika Yogyakarta di Kelas B QITEP. Materi yang disampaikan ke peserta yaitu: Kebijakan PPPPTK Matematika, Dasar Problem Solving, Dasar Bilangan, Dasar Geometri, dan Dasar Eksplorasi. Materi disajikan oleh Widyaiswara dan Staf PPPPTK Matematika yang menangani olimpiade.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik