p4tkmatematika.org

ARTIKEL

Memotivasi Siswa Belajar Melalui Permainan Menebak Tanggal Lahir

July 2, 2012 by admin in Pendidikan with 3 Comments

 

MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MELALUI  PERMAINAN MENEBAK

TANGGAL LAHIR

(Oleh : Dra Theresia Widyantini, M.Si)

Dalam Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah pada bagian pelaksanaan pembelajaran dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan merupakan suatu kegiatan awal dalam proses pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik agar berpartisipasi aktif  dalam proses pembelajaran.  Hampir semua guru setuju akan pentingnya memotivasi siswa dengan cara yang menarik. Siswa akan belajar secara efektif jika mereka benar-benar tertarik terhadap pelajarannya. Motivasi berpangkal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Bahkan motif dapat diartikan sebagai suatu kondisi.

intern(kesiapsiagaan). Pada intinya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

Bagi siswa yang selalu memperhatikan materi pembelajaran yang diberikan, bukanlah masalah bagi guru. Karena di dalam diri siswa tersebut ada motivasi, yaitu motivasi intrinsik. Siswa yang demikian biasanya dengan kesadaran sendiri memperhatikan penjelasan guru. Rasa ingin tahunya lebih banyak terhadap materi pelajaran yang diberikan. Berbagai gangguan yang ada disekitarnya, kurang dapat mempengaruhinya agar memecahkan perhatiannya.

download file artikel lengkap

 

Daftar Pustaka

Max A. Sobel dan Evan M.Maletsky. 2003. Mengajar Matematika. Erlangga : Jakarta

http://www.bruderfic.or.id/h-129/peran-guru-dalam-membangkitkan-motivasi-belajar-siswa.html

http://www.google.co.id/search?tbm=isch&hl=id&source=hp&biw=939&bih=551&q=GAmbar+menebak+bilangan

 

 

 

 



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 Comments

  1. JohariJune 20, 2012 at 8:14 am

    Terima kasih atas artikelnya, menarik sekali, sudah terbukti dapat menarik perhatian dan motivasi siswa permainan semacam ini. Tapi membuat anak ingin tebak-tebakan terus yg tdk ingin ada beban bagi mereka ! Jadi guru hrs pandai2 strategi juga !

    [Reply]

  2. khoirul anamJanuary 2, 2013 at 3:59 am

    Terimasih artikelnya, tpi untuk langkah ke 10 apa ya……. mhon post kan lagi, trims

    [Reply]

    admin Reply:

    Terima kasih atas kunjungan Anda di website kami

    [Reply]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik