p4tkmatematika.org

BERITA

Sosialisasi PP No.46 Tahun 2011 kepada Pegawai PPPPTK Matematika

April 21, 2013 by admin in April 2013, BERITA, berita tahun 2013 with 2 Comments

 

PPPPTK Matematika melalui Subbag. Tata Laksana dan Kepegawaian secara terus menerus melakukan sosialisasi PP No. 46 Tahun 2011 mengenai Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil kepada seluruh PNS di PPPPTK Matematika. Sosialisasi ini dilakukan karena mulai tahun 2014 pemerintah akan menerapkan system penilaian kinerja PNS dengan menggunakan PP tersebut. Diterbitkannya PP No.46 Tahun 2011 secara otomatis akan menggantikan PP No 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil yang dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan dan kebutuhan hukum dalam pembinaan PNS.

Perlu diketahui bahwa penilaian prestasi kerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS  yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititik beratkan pada sistem prestasi kerja. Penilaian prestasi kerja PNS di dalam PP No 46 Tahun 2011 dilakukan berdasarkan prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.Berbeda dengan system penilaian kinerja PNS yang digunakan selama ini yaitu Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3), untuk penilaian prestasi kerja PNS terbaru terdiri dari unsur Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dengan bobot 60% dan perilaku kerja dengan bobot  40%.

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Subbag. Tata Laksana dan Kepegawaian dijelaskan bahwa setiap PNS wajib menyusun SKP berdasarkan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) instansidalam hal ini PPPPTK Matematika.Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun SKP, yaitu: jelas, dapat diukur, relevan, dapat dicapai, dan memiliki target waktu.SKP yang disusun oleh masing-masing PNS memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai. Setiap kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan uraian tugas yang telah ditetapkan dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Bagi PNS yang tidak menyusun SKP akan dijatuhi hukuman sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS.

Selain SKP, penilaian prestasi kerja PNS lainnya adalah perilaku kerja.  Penilaian perlaku kerja meliputi enam (6) aspek, yaitu: orientasi pelayanan, integritas, komintmen, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan. Untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi capaian SKP secara berkala dan perilaku kerja PNS yang dinilai, maka pejabat penilai akan menggunakan buku catatan penilaian perilaku kerja PNS.Buku catatan penilaian ini selanjutnya akan menjadi semacam pegangan dalam penilaian PNS yang bersangkutan meskipun PNS tersebut pindah atau mutasi keinstansi lain. (RinaKusumayanti)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 Comments

  1. irfanApril 19, 2013 at 10:42 am

    good idea. So… The right man the right place. so… No time is no to do something

    [Reply]

  2. NursyamsiApril 21, 2013 at 2:23 am

    Kelihatannya menarik, saya baru mendengar aturan ini, yang menjadi perhatian adalah akuntabilitas penilaian…

    [Reply]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik