p4tkmatematika.org

ARTIKEL

PERANGKAT LUNAK UNTUK TES BERBASIS PERANGKAT ELEKTRONIK

February 21, 2014 by admin in ARTIKEL, Teknologi with 1 Comment

Kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi semakin dirasakan dalam dunia pembelajaran. Sebagian aktivitas dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dengan bantuan teknologi. Hal ini mendorong guru untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran maupun evaluasi hasil belajar. Dengan kemajuan teknologi tersebut, guru bisa melakukan proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar dengan berbantuan perangkat elektronik. Peralatan elektronik yang dimaksud dibatasi pada komputer dan alat komunikasi. Dalam hal evaluasi hasil belajar, guru bisa memanfaatkan perangkat lunak yang mempunyai fitur untuk membuat soal-soal tes untuk melakukan evaluasi hasil belajar dengan berbantuan perangkat elektronik tersebut. Ada beberapa kelebihan tes dengan berbantuan perangkat elektronik atau biasa disebut tes paperless diantaranya adalah:

  • Tes paperless lebih efisien secara tenaga dan waktu. Hal ini dikarenakan guru tidak perlu membuat soal-soal lagi pada tes yang sama untuk kelas yang berbeda.
  • Efisien secara biaya karena tidak diperlukan untuk mencetak soal apabila dilakukan evaluasi hasil belajar sehingga biaya pencetakan bisa dialokasikan untuk kegiatan pembelajaran lain.
  • Soal yang dikerjakan antara siswa yang satu dengan yang lain mempunyai susunan yang berbeda, karena biasanya soal diacak oleh software pembuat tes tersebut.
  • Untuk tipe soal-soal pilihan ganda, benar salah bisa langsung dilakukan penilaian oleh software.
  • Memungkinkan adanya integrasi gambar, suara, video ke dalam soal-soal evaluasi, sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam mencerna maksud soal.

Dengan beberapa kelebihan di atas maka perlu diketahui beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat soal tes berbasis perangkat elektronik.

Download file lengkap

 

 

One Comment

  1. Abdul KarimSeptember 26, 2016 at 2:07 am

    saya ikut download buat belajar ya pak…matur nuwun

    [Reply]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik