p4tkmatematika.org

BERITA

Diklat Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Two in One dengan pola in on in

April 24, 2014 by admin in April 2014, BERITA, Berita Tahun 2014 with 9 Comments

 PKB

Pada tahun 2014 ini PPPPTK Matematika kembali mengadakan Diklat Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Two in One dengan pola in on in. Kegiatan yang akan berlangsung tanggal 23 April sampai dengan 26 November 2014 ini dibuka secara resmi oleh          Dra. Endah Wahyuniungsih Kepala Bidang Program dan Informasi, mewakili Kepala PPPPTK Matematika. Dalam sambutannya, Dra. Endah Wahyuningsih memaparkan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan motivasi guru dalam mengembangkan ide-ide kreatif dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran matematika, sebagai ajang sosialisasi kurikulum 2013, dan memfasilitasi guru dalam rangka Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan (PKB).

Diklat ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009  yang menegaskan bahwa tugas guru disamping mengajar, membimbing, dan menilai, mereka juga harus melaksanakan Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan meliputi pengembangan  diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Konsep two in one pada diklat ini diartikan sebagai dua hal yang dapat diraih peserta yakni disamping mendapatkan manfaat dengan mengikuti diklat peserta juga akan dapat menghasilkan sekaligus mempublikasikan karya inovatifnya. Pada pembukaan diklat tersebut Anna Tri Lestari, MPA selaku ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta  ini akan dibagi menjadi tiga tahap yakni in-service learning 1 selama 10 hari (100 JPL) yang dilaksanakan tanggal 23 April sampai dengan 2 Mei 2014, dilanjutkan dengan On the job learning  yang direncanakan dilaksanakan tanggal 15 Agustus 2014 dan diakhiri dengan in-service learning 2 selama 3 hari (38 JPL) direncanakan dilaksanakan tanggal 24 sampai dengan 26 November 2014.

9 Comments

  1. Tiopan Rahmat SiregarMay 8, 2014 at 1:36 am

    Asslm, bagaimana caranya ya agar bisa mengikuti diklat penilaian kinerja berkelanjutan, karena tiba-tiba muncul nama-nama peserta, mengapa tidak ada pengumuman pendaftarannya.

    [Reply]

    admin Reply:

    Peserta diklat PKB ditunjuk langsung oleh PPPPTK Matematika dan diambilkan dari alumni diklat yang mempunyai prestasi bagus selama diklat. Kebetulan tahun 2014 ini kebanyakan peserta dari diklat online yang diadakan PPPPTK Matematika.

    [Reply]

    Tiopan Rahmat Siregar Reply:

    Asslmm, mohon kiranya kepada panitia agar saya diikut sertakan pada diklat PKB selanjutnya, karena pada waktu Diklat OL bagi guru matematika dengan Nomor surat : 412/J9 /PP/2013, saya ikut peserta no 128 dan dinyatakan lulus dengan baik, kemudian saya juga sudah mengikuti diklat OL Geogebra alhamdulillah berhasil /lulus kemudian mengikuti diklat guru inti /guru pengembang tahap I dan dinyatakan lulus dan memperoleh juara 3 kemudian saya dilanjutkan untuk mengikuti diklat guru inti/pengembang tahap II dan dinyatkan lulus, mudah-mudahan hal ini menjadi pertimbangan. Jazakumulloh sebelumnya.

    [Reply]

  2. erwan oktarioMay 14, 2014 at 10:41 am

    Assalamualaikum. Saya adalah alumni diklat guru inti matematika SMK oleh P4TK Mtk dengan lokasi diklat di LPMP Sumsel dan diklat online pola 15 hari angkatan 3 yang lalu. Saya sangat bersyukur bila peserta PKB tidak hanya para alumni yang berprestasi bagus (nilai tertinggi) saja. Harapan saya, meski kemungkinan nilai saya tidak terlalu tinggi ketika dulu mengikuti diklat di P4TK, tapi P4TK bisa menilai keaktifan saya dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan untuk mengikutsertakan saya sebagai peserta PKB tahap selanjutnya. Bagi saya P4TK adalah salah satu sumber ilmu yang banyak mencerahkan saya.Terimaakasih, semoga harapan saya bisa P4TK pertimbangkan. Wassalamualaikum Wr Wb.

    [Reply]

    admin Reply:

    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas saran-sarannya.

    [Reply]

  3. Hj Eti Herawati, M.PdJuly 5, 2014 at 12:24 am

    Assalamu;alaikum Wr Wb
    Saya juga alumni P4TK diklat jenjang lanjut dan alumni diklat OL. Berharap sekali bisa diundang untuk mengikuti diklat PKB. Saya juga ketua MGMP di Kabupaten Indramayu. Matur nuwun sanget

    [Reply]

  4. maskurAugust 4, 2014 at 2:21 pm

    mohon pertimbangan keikutan diklat jangan hanya prestasi. tapi juga tempat kerja.
    sebagai pertimbangan, saya guru di smkn1 karimunjawa yang berada di tengah laut. utk ke kabupaten kota aja tdk bisa sekali jalan. ditambah lagi keterbatasan guru dan tenaga TU mengakibatkan kami harus ngajar 37 jam ditambah tugas tambahan lain. dan administrasipun harus dikerjakan sendiri.
    dengan adanya diklat online saya sangat senang dan banyak harapan bisa meningkatkan kompetensi tanpa harus meninggalkan tugas.
    kalo hanya prestasi yang jadi acuan pastilah guru dengan beban standarlah yg menang. dan kami didaerah husus hanya mampu utk melihat saja dan bahkan mungkin akan sulit utk naik pangkat. karena kami satu sekolah tidak ada yg pandai membuat pkb.

    [Reply]

    admin Reply:

    Terima kasih sarannya

    [Reply]

  5. adminSeptember 22, 2014 at 1:04 amAuthor

    Silakan sering cek website ini. Di sana akan akan petunjuk untuk mengikuti kegiatan yang ada di PPPPTK Matematika. Terima kasih

    [Reply]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik