p4tkmatematika.org

BERITA

Informasi SeNdiMat III

August 25, 2015 by admin in BERITA, BERITA PILIHAN, EDITORIAL with 0 Comments

PPPPTK Matematika sebagai ujung tombak pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) matematika memiliki peran penting dalam mewujudkan cita-cita pembangunan pendidikan di Indonesia. Pada tahun 2015-2020, fokus pembangunan pendidikan di Indonesia adalah pada kualitas pendidikan yang memiliki daya saing regional tingkat ASEAN. Sasaran pembangunan periode ini meliputi terbentuk dan beroperasinya sistem layanan dengan standar tingkat ASEAN, citra Kemendikbud yang telah lintas negara ASEAN, kerjasama antara negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan yang semakin mantap, dan hal-hal lain yang relevan. Harapannya manusia Indonesia pada akhir periode ini sudah bisa menjadi titik pusat gravitasi sosial ASEAN sebagai sebuah entitas sosiokultural.

Indikator makro pendidikan Indonesia saat ini belum menunjukkan kualitas yang memadai. Misalnya, hasil penilaian TIMSS tahun 2011 lebih dari 95% siswa Indonesia hanya mampu sampai level menengah, jauh lebih rendah dari negara-negara ASEAN yang lain seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Pada hasil PISA tahun 2012 Indonesia hanya menempati peringkat ke 64 dari 65 negara dimana Indonesia hanya lebih baik dari Peru (65). Dibandingkan negara-negara Asia Tenggara, peringkat Indonesia juga jauh tertinggal, yaitu: Singapura peringkat 2, Vietnam peringkat 17, Malaysia peringkat 50, Thailand peringkat 52, dan Indonesia peringkat 64. Diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dari segenap komponen untuk mendukung pencapaian daya saing bangsa di level ASEAN.

Berdasar hal tersebut, PPPPTK Matematika memandang perlu untuk membuat forum diskusi ilmiah berupa seminar dengan mengangkat topik tersebut. Setelah dua kali penyelenggaraan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat), pada tahun 2015 PPPPTK Matematika akan menyelenggarakan SeNdiMat III dengan tema:

Peran Pendidikan Matematika dalam Pencerdasan dan Pembudayaan Karakter Generasi Indonesia untuk Mendukung Pencapaian Daya Saing ASEAN

Waktu dan Tempat:

Rabu & Kamis, 11 & 12 November 2015

Di PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km.6 Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Tujuan Penyelenggaraan SeNdiMat III:

  1. Meningkatkan wawasan serta kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) matematika menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
  2. Memfasilitasi ruang dialog bagi sivitas akademika, pendidik (guru, widyaiswara, dosen), dan tenaga kependidikan matematika untuk berbagi pengalaman dan bersinergi dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
  3. Mewujudkan budaya ilmiah dalam komunitas pendidik dan tenaga kependidikan matematika sehingga terbangun masyarakat kritis di lingkungan pendidikan Indonesia

Ruang Lingkup Makalah:

  1. Kebijakan Pendidikan

  2. Inovasi Pendidikan Matematika

  3. Evaluasi Pendidikan Matematika

  4. Pembelajaran Matematika SD, SMP, atau SMA/SMK

  5. Manajemen Sekolah dan Supervisi Akademik

  6. Matematika Terapan

  7. Ethnomathematics

  8. Topik lain sesuai tema seminar

Ketentuan Pemakalah

  1. Makalah relevan dengan tema dan belum pernah dipublikasikan.

  2. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu makalah. Untuk setiap makalah tambahan dikenakan biaya Rp 100.000,00.

  3. Pengiriman extended abstract & full paper melalui email ke sendimat@p4tkmatematika.org.

  4. Sistematika penulisan extended abstract & full paper/makalah dapat dilihat pada  http://sendimat.p4tkmatematika.org/sendimat-iii/sistematika/

  5. Batas akhir penerimaan extended abstract adalah 10 Oktober 2015

  6. Sertifikat pemakalah hanya diberikan kepada peserta yang mempresentasikan makalahnya.

Pemakalah dibiayai

PPPPTK Matematika menyediakan biaya bagi 100 pemakalah dari kalangan guru SD, guru matematika SMP/SMA/SMK, Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah terpilih, meliputi biaya transportasi, biaya seminar, akomodasi, serta uang saku. Seleksi berdasarkan kualitas extended abstract serta sebaran wilayah.

Pendaftaran

  1. Formulir pendaftaran online dapat diakses pada http://sendimat.p4tkmatematika.org/sendimat-iii/registrasi/

  2. Pembayaran dapat melalui transfer ke rekening Bank Mandiri 1370010554703 a.n. Anggrahini Suharto, atau datang langsung ke PPPPTK Matematika pada jam kerja paling lambat 5 November 2015.

  3. Jumlah peserta dan pemakalah maksimal  280 orang. Apabila kuota telah memenuhi maka pendaftaran peserta akan ditutup.

  4. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui laman http://sendimat.p4tkmatematika.org

Sekretariat Panitia:
PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta
Telp. 0274 881717, Fax: 0274 885752
Website: http://sendimat.p4tkmatematika.org/
E-mail: sendimat@p4tkmatematika.org
CP. Maryanta (08562861880), Jakim Wiyoto (088216454007), Rina Kusumayanti (08112690054), Titik Sutanti (081329449897)

Tagged , ,

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik