p4tkmatematika.org

BERITA

PPPPTK Matematika Peringati Hardiknas dengan Mengenakan Pakaian Adat

Ada yang unik tahun ini pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di PPPPTK Matematika tahun 2016 ini. Senin (2/5/2016), di halaman PPPPTK Matematika digelar upacara Hardiknas yang diikuti oleh seluruh pegawai PPPPTK Matematika, pegawai SEAMEO QITEP in Mathematics, dan peserta diklat yang ada di PPPPTK Matematika dengan menggunakan pakaian adat tradisional Yogyakarta. Penggunakan pakaian adat tradisonal ini berdasarkan instruksi yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebuduyaan Nasional, Anis Baswedan, melalui Surat Edaran nomor: 19854/A.A6/TU/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 di Lingkungan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala PPPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau membacakan pidato Mendikbud di hadapan peserta upacara yang pada intinya menyatakan bahwa Hardiknas sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Disebutkan pula oleh Presiden Jokowi dalam sambutan tersebut bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika memiliki kualitas manusia yang tinggi. Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan. Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera, sehingga harus dipastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Pegawai PPPPTK Matematika mengikuti Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei dengan pakaian adat jawa di halama PPPPTK Matematika

Maka pada bulan Mei ini, bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional,Mendikbud Anis Baswedan mengajak kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu. Tema yang dipilih oleh Kemdikbud pada Hardiknas tahun ini adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita” sebagai tema keriaan Hari Pendidikan Nasional. Diharapkan pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya. (RK)

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik