p4tkmatematika.org

BERITA

Gelaran SeNdiMat V PPPPTK Matematika

November 23, 2017 by Publikasi PPPPTK Matematika in BERITA with 0 Comments

Pada tanggal 21 & 22 November 2017, PPPPTK Matematika menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) kelima. SeNdiMat yang merupakan salah satu program unggulan PPPPPTK Matematika, pada tahun ini mengusung tema “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika untuk Menunjang Terwujudnya Indonesia Emas 2045” dengan keynote speaker Prof. Dr. Ki Supriyoko, S.D.U., M.Pd., ketua Pendidikan dan Kebudayaan Majelis Luhur Taman Siswa Yogyakarta; invited speaker Doni Koesoema A, M.Pd., pendiri Pendidikan Karakter Education Consulting, dan Dr. Sumardyono, M.Pd., widyaiswara PPPPTK Matematika. Selain menghadirkan pembicara sesi pleno, SeNdiMat V juga menghadirkan pembicara sesi paralel yang terdiri atas  guru, pengawas, dan widyaiswara matematika. Pembicara sesi paralel telah melalui tahapan seleksi yaitu seleksi abstrak dan dilanjutkan dengan seleksi makalah lengkap. Sebanyak 33 makalah lolos seleksi untuk diseminarkan dengan pembiayaan penuh dari PPPPTK Matematika, dan 73 makalah lolos seleksi dengan pembiayaan mandiri dari peserta. Selain itu pembicara sesi parallel juga berasal dari 5 pemenang Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika dan 12 peserta terbaik diklat Pengembangan Keprofesan Berkelanjutan (PKB) 2 in 1.

SeNdiMat V dibuka secara resmi oleh Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuti, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala PPPPTK Matematika menyampaikan pentingnya menyiapkan generasi muda Indonesia yang unggul dan berkarakter seperti diinstruksikan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Guru matematika sebagai pendidik generasi muda menjadi teladan dalam menerapkan pendidikan karakter khususnya olah hati, olah rasa, dan olah pikir dalam kegiatan profesionalnya. Program-program unggulan PPPPTK Matematika seperti PKB 2 in 1, ONIP, dan SeNdiMat memberikan ciri khusus PPPPTK Matematika sebagai pusat pelatihan yang menguatkan karakter guru matematika dalam hal olah hati, olah rasa, dan olah pikir.

F:\Cahyo from pc\Foto lembaga\Sendimat 2017\DSC_0061.JPG
Kepala PPPPTK Matematika membuka secara resmi kegiatan Sendimat V di Aula PPPPTK Matematika

Pembicara pleno pada hari I SeNdiMat V adalah Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd. dengan judul makalah “Pendidikan Karakter Menuju Indonesia Emas 2045” dilanjutkan dengan Dr. Sumardyono, M.Pd. dengan judul makalah “Matematika dan Karakter”. Seminar dilanjutkan dengan sesi paralel di 11 kelas paralel untuk menyeminarkan hasil penelitian dan kajian dari peserta pemakalah. Hari ke-2 SeNdiMat V akan diisi dengan sesi pleno oleh Doni Koesoema A., M.Ed. dengan judul makalah “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika” dan dilanjutkan dengan sesi paralel di 10 kelas paralel.

SeNdiMat, bersama-sama program-program unggulan PPPPTK Matematika lainnya yaitu Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 2 in 1 (PKB 2 in 1), Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika (ONIP Matematika), jurnal EDUMAT, dan jurnal online IDEAL MathEdu merupakan program-program bersinergi yang memberikan kesempatan kepada guru SD dan guru matematika untuk memperoleh pelatihan tentang metode penelitian, melakukan penelitian, menulis laporan dan artikel penelitian, menyeminarkan hasil penelitian, dan mempublikasikan hasil penelitian.

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik