p4tkmatematika.org

BERITA

Peringatan HARDIKNAS 2018 Kepala PPPPTK Matematika Pimpin Upacara dan Ziarah ke Makam Ki Hajar Dewantara

D:\Cahyo 2018\RT 2018\Berita 2018\WhatsApp Image 2018-05-02 at 18.05.59.jpeg
Baliho Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 di Halaman PPPPTK Matematika

 

Yogyakarta – PPPPTK Matematika. Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2018, seluruh pegawai PPPPTK Matematika, pegawai SEAMEO Qitep in Mathematics, serta peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 mengikuti upacara di halaman PPPPTK Matematika. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. Sejalan dengan tema Hardiknas tahun ini yaitu: “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Kepala PPPPTK Matematika menegaskan bahwa PPPPTK Matematika telah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah melalui peningkatan kompetensi guru-guru matematika.

D:\Cahyo 2018\RT 2018\Berita 2018\DSC_0030.JPG
Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. bertindak sebagai pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 di halaman PPPPTK Matematika

“Usaha yang dilakukan PPPPTK Matematika dalam mendukung pembinaan karakter adalah membekali guru-guru matematika sehingga dalam mengajarkan matematika juga sekaligus membangun karakter anak didik,” demikian dikatakan oleh Kepala PPPPTK Matematika. Beliau juga menambahkan bahwa mata pelajaran matematika memang sudah memiliki nilai-nilai kareakter tersebut, guru tinggal memberi penguatan-penguatan seperti pada poin pantang menyerah, ulet, jujur, taat asas, disiplin, dan bersemangat.

Lebih lanjut Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., menjelaskan langkah yang diambil oleh PPPPTK Matematika dalam mendukung program pemerintah dalam bidang pendidikan. Sesuai tugas pokok dan fungsinya, PPPPTK Matematika telah melakukan peningkatan keprofesian berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan guru berbasis hasil Uji Kompetensi Guru Matematika. Seperti yang diketahui guru-guru matematika terhimpun dalam wadah bernama MGMP dan saat ini ada sekitar 2.556 yang telah teregister di seluruh Indonesia. Dalam wadah MGMP guru Matematika mendiskusikan masalah mengenai pembelajaran matematika yang ada diantara sesama guru dan mencari solusi bersama dengan didampingi oleh narasumber yang didatangkan dari internal MGMP sendiri, widyaiswara atau dari LPTK yang relevan.

Menurut Kepala PPPPTK Matematika, tahun 2017 lalu PPPPTK Matematika telah memberi bantuan kepada sekitar 800 MGMP untuk digunakan meningkatkan kompetensi guru matematika yang ada di wadah tersebut. “Secara berangsur-angsur kita mendorong agar wadah-wadah MGMP ini melakukan peningkatan kompetensinya secara mandiri tanpa harus menanti adanya bantuan dana dari pemerintah sebagai tanggung jawab profesi guru yang diemban yaitu melakukan peningkatan diri secara terus-menerus sesuai dengan tuntutan profesi yang diemban.” ujar Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd.

Bertepatan dengan Hardiknas ini, Kepala PPPPTK Matematika berharap kualitas pendidikan khususnya matematika meningkat sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu beliau mendorong agar guru-guru matematika bekerja dengan kinerja yang baik dan anak-anak didik belajar matematika dengan rasa senang dan bahagia tanpa ada rasa takut. Demikian juga orang tua dan masyarakat diharapkan ikut berperan aktif mendukung pendidikan yang berkualitas.

Usai memimpin upacara di PPPPTK Matematika, Kepala PPPPTK Matematika beserta perwakilan pejabat struktural dan widyaiswara PPPPTK Matematika melakukan ziarah ke makam Pahlawan Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Taman Wijaya Brata Jl. Soga No.28, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara sebagai bentuk menghormati jasanya dan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskannya kepada kita. Seperti yang disampaikan oleh Kepala PPPPTK Matematika, kita sangat terinspirasi dengan semboyan Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karsa, tut wuri handayani, dimana menurut beliau pemikiran ini masih relevan di abad 21. (DD/RK)

D:\Cahyo 2018\RT 2018\Berita 2018\WhatsApp Image 2018-05-03 at 13.11.28.jpeg
Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd (nomor 3 dari kiri) memimpin doa di pusaran makam Kihajar Dewantara dalam kegiatan ziarah seusai upacara Perinagatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018. Dari kiri ke kanan: Kasubbag Tatalakasan dan Kepegawaian, Andi Wibawa, S.T.,  Kepala LPMP D.I. Yogyakarta, Dr. Sarjilah, M.Pd., Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M. Pd., dan Widyaiswara PPPPTK Matematika. Fajar Noer Hidayat, M.Ed.

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik