p4tkmatematika.org

BERITA

Unduhan Bahan Ajar dan Modul PPPPTK Matematika Tembus 26.000 Unduhan

Yogyakarta – PPPPTK Matematika. Satu lagi prestasi yang dicapai oleh PPPPTK Matematika melalui unit Perpustakaan PPPPTK Matematika. Terpantau dari data statistik yang diperoleh tim website di Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terlihat bahwa modul dan bahan ajar yang disediakan oleh PPPPTK Matematika melalui alamat http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id telah diunduh oleh user sebanyak 26.000 lebih unduhan.

Repositori Institusi Kemdikbud RI merupakan layanan informasi digital yang menyediakan akses terbuka dan daring kepada publik terkait dengan berbagai informasi bidang pendidikan dan kebudayaan yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud dalam berbagai format. Pemanfaatan repositori tersebut secara daring diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masarakat dalam mengakses berbagai informasi dengan cepat, tepat dan akurat serta sekaligus dapat meningkatkan visibilitas dan memberikan dampak positif bagi insitusi Kemendikbud.

E:\2018 LENOVO\TURT\Untitled.png
Gambar halaman website Repositori Insititusi Kemdikbud

 Keberadaan Repositori Institusi Kemdikbud ini juga diharapkan dapat menjadi pusat informasi digital yang menyimpan, menyelematkan, dan mendistribusikan sumber informasi yang dibutuhkan dan dipertahankan oleh  institusi untuk kepentingan informasi, pembuktian, dan akuntabilitas yang dapat diakses dari dalam maupun luar institusi serta diharapkan juga dapat menjadi tolok ukur kinerja insitusi yang dapat terlihat oleh publik.

PPPPTK Matematika melalui Unit Perpustakaan telah menyediakan bahan ajar dan modul dalam bentuk digital ke dalam Repositori Institusi Kemdikbud sebanyak 54 bahan yang telah disetujui dan dapat diunduh. Saat ini unit Perpustakaan PPPPTK Matematika terus mengajukan bahan informasi digital untuk dapat diterima di Repositori Institusi Kemdikbud.

E:\2018 LENOVO\TURT\Untitled.png
Pengunjung sedang memilih koleksi buku di Unit Perpustakaan PPPPTK Matematika.

Data statistik yang dihimpun per tanggal 8 Juni 2018, total unduhan modul dan bahan ajar dari PPPPTK Matematika telah tembus sebanyak 26.668 unduhan. Lima modul dan bahan ajar yang paling banyak diunduh yaitu sebagai berikut:

  1. Penelitian Tindakan Kelas di SD (4.122 unduhan)

  2. Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-sifatnya di SD (4.048 unduhan)

  3. Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi C Pedagogik Model Pembelajaran Matematika (2.807 unduhan)

  4. Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi J Pedagogik Refleksi dan PTK (1.941 unduhan)

  5. Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Kelompok Kompetensi A Pedagogik Karakteristik Siswa SMP (1.512 unduhan)

Untuk data per jenjang yang telah diunduh dapat dilihat sebagai mana dalam diagram dibawah:

Besarnya minat publik terhadap kebutuhan modul dan bahan ajar bidang matematika perlu difasilitasi dengan menyediakan informasi terbaru yang dibutuhkan dan mudah diakses. PPPPTK Matematika memiliki tanggung jawab untuk terus menyediakan bahan informasi terbaru di bidang matematika. Produk-produk yang dihasilkan oleh PPPPTK Matematika seperti bahan ajar, modul, jurnal ilmiah, ataupun bahan informasi lainnya perlu disebarluaskan dengan memanfaatkan teknologi agar lebih mudah terjangkau dengan skala yang lebih luas. (RK)

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

ISSN ONLINE
PENCARIAN
AGENDA







MEDIA SOSIAL
SOCIAL MEDIA
P4TK Matematika on Facebook

Gabung di Facebook Fans P4TK Matematika

Gabung di Facebook Fans Edukasiana
Statistik