p4tkmatematika.org

BERITA

Tantangan PPPPTK Matematika dalam Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika bagi Guru Sasaran dan Kepala Sekolah di Provinsi Sumatera Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta sedang memasuki tahap akhir. Gelombang terakhir pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 akan dilaksanakan sekitar minggu 3 bulan Juli 2018.

Dari beberapa gelombang pelaksanaan pelatihan, berbagai tantangan dihadapi oleh PPPPTK Matematika. Kepala PPPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., mengemukakan ada 3 tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 tahun ini.

“Pelaksanaan Kurikulum 2013 menghadapi 3 tantangan yaitu waktu, jarak, dan kuota,” demikian disampaikan oleh Kepala PPPPTK Matematika dihadapan peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP Angkatan VIII pada saat acara penutupan di LPMP Provinsi Sumatera Barat tanggal 30 Juni 2018 yang lalu.

E:\DOWNLOADS\20180630_105716.jpg

Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., berfoto bersama dengan peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP Gelombang VIII tanggal 2-7 Juli 2018 di LPMP Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, kendala waktu menyebabkan penyelenggaraan pelatihan tersebut harus benar-benar memanfaatkan waktu yang tersedia mengingat awal tahun pelajaran 2018, sekolah harus menjalankan Kurikulum 2013. PPPPTK Matematika sendiri telah menjalankan pelatihan sejak minggu ke-3 April 2018. Padatnya jadwal pelaksanaan yang telah disusun membuat PPPPTK Matematika tetap harus menjalankan pelatihan sesuai dengan perencanaan sambil meyesuaikan dengan kondisi tertentu di lapangan yang sekiranya bersinggungan dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Jarak juga menjadi kendala bagi PPPPTK Matematika dalam pelaksanaan pelatihan ini. Di akhir pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 di tahun ini, sebagian besar sasaran peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari sekolah yang berada di wilayah yang jauh dari pusat kota. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pelaksanaan pelatihan dipusatkan di tempat tertentu yang mudah dijangkau dan peserta diberi fasilitas untuk menginap selama pelatihan berlangsung.

Tantangan terakhir yang dihadapi adalah kuota yang disediakan tidak semuanya terpenuhi. Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., menjelaskan untuk Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, PPPPTK Matematika menggunakan sumber data yang diperoleh dari Tim Data Dirjen GTK dengan menggunakan sumber data by name Dapodik. Jika ada pergantian peserta tidak semuanya bisa dipenuhi dikarenakan hanya peserta yang terdaftar di dalam aplikasi yang bisa diajukan sebagai pengganti.

“Meskipun demikian, berbagai tantangan yang dihadapi oleh PPPPTK Matematika selama pelaksanaan pelatihan ini tidak mengurangi semangat dalam menjalankan program yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PPPPTK Matematika tetap menjaga kualitas pelatihan sesuai standar dan prosedur yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika,” ujar Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., menutup arahannya di hadapan peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP Angkatan VIII di LPMP Sumatera Barat.  (RK)

 

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik