p4tkmatematika.org

BERITA

Bupati Kab. Kepulauan Mentawai Ajak Guru Kenalkan Mentawai Lewat Tulisan

October 4, 2018 by Publikasi PPPPTK Matematika in BERITA with 0 Comments

Mentawai – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, SE. MM., mengajak guru SD untuk mengenalkan Mentawai kepada dunia luar melalui tulisan di berbagai media.  “Saya berharap guru-guru mampu menulis meskipun pada awalnya susah untuk memulai. Kenalkan Mentawai ke dunia luar lewat tulisan. Melalui tulisan, maka sejarah dan budaya Mentawai akan terdokumentasi dengan baik.”

Demikian disampaikan oleh Yudas Sabaggalet ketika memberi arahan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD In Service Learning 1 tanggal 2 s.d 5 Oktober 2018 di Graha Viona Kab. Kepulauan Mentawai yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Pelatihan literasi diikuti oleh 25 orang guru SD yang ada di wilayah Kab. Kepulauan Mentawai.

E:\2018 LENOVO\TURT\Bahan berita\IYG_7194.jpg

Bupati Kab. Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, SE., MM. (paling kanan) didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kepulauan Mentawai, Sermon S, S.Sos (no 2 dari kanan) berbincang dengan Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd (no 2 dari kiri) didampingi oleh widyaiswara PPPPTK Matematika, Drs. Agus Suharjana, M.Pd (paling kiri). Dok: Metamagfirul.

Pemerintah daerah Kab. Kepulauan Mentawai menyambut baik pelatihan literasi ini mengingat kemampuan literasi guru jenjang dasar wilayah Mentawai perlu ditingkatkan. Yudas juga menambahkan bahwa pemerintah Kab. Kepulauan Mentawai telah memberikan perhatian penuh dibidang pendidikan dengan membangun fasilitas sekolah dan meningkatkan kualitas pendidik dengan memberikan beasiswa pendidikan.

Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., menjelaskan bahwa pelatihan literasi merupakan program khusus di luar agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika di empat wilayah, salah satunya adalah di Kab. Kepulauan Mentawai.

“Selama ini antara PPPPTK Matematika dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kepulauan Mentawai telah menjalin hubungan kerjasama yang baik sehingga pembinaan terhadap guru-guru di kabupaten ini perlu dilakukan salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan literasi.” Ujar Daswatia saat memberikan sambutan dalam pelatihan tersebut.

“Program ini juga adalah kado ulang tahun ke-19 dari Kemdikbud untuk guru-guru di Mentawai melalui PPPPTK Matematika dengan harapan guru-guru di Mentawai bersemangat dan memiliki dedikasi yang baik dalam mendidik anak-anak bangsa.”

Menurut Daswatia, guru yang mengikuti pelatihan ini akan didampingi dan dibimbing dalam membuat artikel pembelajaran dan artikel matematika dengan pola pelatihan menggunakan In-On-In. Setelah mengikuti pelatihan selama 4 hari, selanjutnya peserta akan diberi waktu menyelesaikan penulisan dengan pendampingan dan hasil akhirnya nanti akan menjadi karya tulis yang siap untuk dipublikasikan.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kepulauan Mentawai, Sermon S, S.Sos., kepada PPPPTK Matematika atas diselenggarakannya pelatihan literasi yang sekaligus menjadi kado bagi hari jadi Kab. Kepulauan Mentawai yang ke-19 yang dirayakan setiap tanggal 4 Oktober. Selanjutnya Sermon berpesan kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

“Setiap kenaikan pangkat guru selalu mengeluh tidak mampu membuat karya ilmiah karena tidak ada yang membimbing. Dengan adanya pelatihan ini tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa membuat karya ilmiah.” Pungkas Sermon. (RK)

E:\2018 LENOVO\TURT\Bahan berita\IYG_7039.jpgDok: Metamagfirul

 

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Statistik