p4tkmatematika.org

BERITA

MATANGKAN METODE PEMBELAJARAN PAIKEM, STKIP KUNINGAN BIMTEK KE PPPPTK MATEMATIKA

October 15, 2018 by Publikasi PPPPTK Matematika in BERITA with 0 Comments

Yogyakarta-PPPPTK Matematika (12/10/2018) STKIP Muhammadiyah Kuningan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Pemberdayaan PendidiK dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama sehari yang diikuti 45 mahasiswa Program Studi Matematika dan 7 Dosen Pembimbing. Tujuan Bimtek yang diikuti mahasiswa STKIP Kuningan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang matematika  serta bagaimana menerapkan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) bagi peserta didik.

E:\Cahyo 2018\Web 2018\Berita 2018\Bimtek 2018\Foto2\Penerimaan (17).JPG

Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rahmadi Widdiharto, MA.memberikan paket kenang-kenangan kepada Kepala Program Studi Matematika STKIP Muhammadiyah  Kuningan, Riki Yuliardi, M.Pd.

Kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rahmadi Widdiharto, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang metode pembelajaran PAIKEM yang memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan kegiatan yang beragam dalam rangka mengembangkan keterampilan dan pemahamannya, sementara di sisi lain guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar  supaya pembelajaran terkesan lebih menarik, menyenangkan dan efektif. Pada akhir sambutannya beliau berpesan kepada peserta bimtek jika kelak menjadi guru terkait dengan penilaian hendaknya jangan hanya terhenti pada assessment of learning ( penilaian dilakukan di akhir suatu proses pembelajaran), tetapi harus mengarah pada 3 hal yaitu assessment as learning, assessment for learning dan assessment of learning yang artinya adalah suatu penilaian bisa di lakukan di awal pembelajaran, dalam proses pembelajan maupun di akhir proses suatu pembelajaran.

Dalam Bimtek tersebut, peserta mendapat empat materi yang difasilitasi oleh Widyaiswara PPPPTK Matematika, yaitu: Dinamika Perkembangan Kurikulum 20l13 SMP dan SMA oleh Sumadi, S.Pd., M.Si., Sistem Penilaian Pembelajaran (Otentik) Arfianti Lababa, M.Pd, Merancang Pembelajaran Matematika yang PAIKEM oleh Drs. Agus Suharjana, M.Pd, serta Study Laboratorium oleh Rumiati M.Pd. (DD-CS)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik