p4tkmatematika.org

BERITA

Kepala PPPPTK Matematika Hadiri Seminar Pendidikan Matematika di Sabang

December 7, 2018 by Publikasi PPPPTK Matematika in BERITA with 0 Comments

Sabang – Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., menghadiri Seminar Matematika yang dilaksanakan oleh MGMP Matematika SMP dan MKKS/MTs Kota Sabang kerjasama dengan PPPPTK Matematika tanggal 5 Desember 2018 di Sabang, Aceh.

Seminar Pendidikan dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 5 – 6 Desember 2018 di SMPN 5 Kota Sabang dan diikuti oleh 26 guru matematika. Tema yang diangkat pada seminar tersebut adalah: Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika.

Dalam sambutannya, Daswatia Astuty menyoroti perubahan yang terjadi begitu cepat sehingga guru harus mengantisipasi perubahan tersebut.

“Guru tidak hanya berperan membimbing siswa namun lebih penting berperan membangung karakter anak didik sehingga perkembangan akademisnya seiring dengan perkembangan prilaku dan karakternya. Guru harus menjadi role model dari karakter atau prilaku yang dididikkan.” Ujar Daswatia Astuty.

Lebih lanjut dikatakannya dunia sekarang sedang memasuki era 6C (critical thinking, connectivity, creativity, culture, collaboration, communication). Yang dimaksud dengan critical thinking yaitu kemampuan mencerna informasi dengan baik serta menggunakan untuk kepentingan akademis; connectivity yaitu terkoneksi dan bekerja dengan siapa saja demi tujuan yang baik bisa dengan lintas budaya dan lintas profesi; creativity yaitu berpikir kritis dan memulai semua dengan keingintahuan serta mampu melakukan elaborasi untuk membuat semua hal menjadi baru; culture yaitu siswa dididik untuk sadar budaya milik sendiri sekaligus menghargai keragaman dan keunikan budaya lainnya; collaboration yaitu hal vital yang dipunyai oleh siswa jaman sekarang dimana ia mesti bisa menjadi anggota tim dan bekerjasama dengan baik sekaligus mendukung untuk selalu berkontribusi positif di lingkungan sekitarnya; dan terakhir communication yaitu agar siswanya bisa menjadi sosok yang efektif dalam berkomunikasi.

Kegiatan Seminar Matematika dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Sabang yang diwakili oleh Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Edi Saputra, S.Pd.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PPPPTK Matematika Yogyakarta yang peduli dan mendampingi guru-guru matematika sehingga prestasi anak didik dan guru matematika menjadi semakin baik. Saya berharap pendampingan seperti ini dapat dilakukan juga oleh PPPPTK mata pelajaran yang lain.” Demikian dikatakan oleh Edi Saputra dalam sambutannya.

Ketua MKKS/MTS SMP Kota Sabang,  Munawarah Zainuddin, S.Pd juga mengatakan hal senada bahwa melalui pertemuan MGMP Matematika dan pertemuan MKKS/MTs yang dilaksanakan secara teratur setiap minggunya, membuat prestasi matematika siswa di Sabang semakin baik demikian pula kompetensi guru matematika menjadi lebih baik. Seminar Matematika ini juga terjadwal sebagai agenda pertemuan MGMP Matematika dan MKKS/Mts SMP Kota Sabang.

Seminar Matematika ini juga menghadirkan pembicara yaitu Widyaiswara PPPPTK Matematika, Dr. Supinah, M.Pd., yang menyampaikan materi tentang Pembelajaran Berbasis STEM dan HOTS. Selain itu juga praktisi pendidikan Abdul Karim menyampaikan materi tentang Bagaimana Memahami Matematika dalam Teknologi, dan Teknologi sebagai Alat Bantu untuk Mengeksplore Konsep-konsep Matematika. (Telly D)

Kepala PPPPTK Matematika beserta Pembicara berfoto bersama pada kegiatan Seminar Matematika.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik