p4tkmatematika.org

Kemdikbud

Digital Learning

Oleh: Nurlyanto, S.Pd (Guru SDN 4 Sungai Mali, Sintang – Kalbar)

Pada saat ini teknologi dapat ditemukan dimana saja bahkan setiap saat manusia menggunakan teknologi, termasuk aktivitas membaca artikel di website yang seperti anda lakukan saat ini. Berbagai inovasi dalam bidang teknologi dapat lahir kapan saja, selain itu inovasi yang sudah ada sebelumnya pun tidak berhenti melakukan pengembangan.

Manfaat dari perkembangan teknologi dapat dirasakan hampir di segala bidang tak terkecuali bidang pendidikan. Berbagai macam aplikasi diciptakan dalam rangka memudahkan guru baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaan administrasi maupun khusus digunakan dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi menuntut guru untuk mampu segera mungkin menyesuaikan diri dan mengingkatkan kemampuanya dalam penguasaan teknologi khususnya untuk keperluan pembelajaran.

Sumber: https://www.facultyfocus.com

Banyak orang mengatakan bahwa suatu saat teknologi akan menggantikan posisi guru, alasannya adalah saat ini hampir semua siswa dapat mencari informasi apapun melalui internet, mereka dapat pula mengakses apa saja yang ingin mereka pelajari cukup dengan mengakses YouTube. Namun, apakah sesederhana itu peran guru di kelas dapat tergantikan oleh teknologi?

Guru sangat penting untuk menguasai teknologi terkini, dengan menguasai teknologi guru dapat membimbing siswa untuk menggunakan teknologi dengan baik dan memanfaatkanya dalam kegiatan pembelajaran. Tanpa pengawasan dan bimbingan dari guru siswa akan kehilangan arah dalam menggunakan teknologi yang ada dalam genggaman mereka. Sehingga walaupun mereka dapat menggunakan teknologi, mereka hanya akan memanfaatkanya untuk bermain game online dan menonton video yang tidak bermanfaat.

Sangat mudah bagi guru untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Saat ini banyak sekali aplikasi yang menunjang pelaksanaan pembelajaran digital (Digital Learning), mulai dari aplikasi untuk keperluan survei, poling, game edukasi, asesmen, hingga kelas digital berupa Learning Management Sistem (LMS) dapat dengan mudah digunakan bahkan dapat diunduh di Google Playstore.

Alhamdulillah, kegiatan course di SEAMEO RECSAM hari ini kami belajar mengenai pemanfaatan LMS dalam kegiatan pembelajaran. Mr. Liman Anthony memberikan materi mengenai pemanfaatan EDMODO dan Google Classroom dalam kegiatan pembelajaran. Kedua LMS tersebut dapat dengan mudah digunakan oleh guru, cukup dengan memiliki akun email guru dapat menggunakannya secara gratis.

Selain Edmodo dan Google Classroom masih banyak LMS lain yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran digital diantaranya Moodle dan Schoology. Guru dapat memilih menggunakan yang mana saja sesuai selera dan kebutuhan dalam pembelajran. Banyak manfaat dan kemudahan yang didapatkan guru dengan menggunakan LMS untuk melaksanakan digital learning, antara lain dapat menghemat waktu, meningkakan komunikasi dan kerjasama antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa, memudahkan dalam menyimpan data, dapat saling berbagi sumber dengan cepat, serta membiasakan siswa menggunakan teknologi untuk hal yang bermanfaat dan masih banyak lagi manfaat lain dari digital learning.

Jadi, sudahkah anda melaksanakan Digital Learning? JIka belum, ini lah saatnya untuk mencoba menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.

Lalu bagaimana jika sekolah anda tidak mendukung karena minimnya fasilitas IT atau bahkan tidak terdapat listrik dan internet? Tidak ada salahnya bagi anda untuk belajar menggunakan berbagai aplikasi untuk pendidikan, selain untuk menambah wawasan dan mempersiapkan diri anda dapat berbagi pengetahuan kepada rekan-rekan anda.

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik