p4tkmatematika.org

BERITA

Media Sosial Jadi Curhatan Calon Peserta PIKIMat 2019

Pelatihan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovasi Pembelajaran Matematika (PIKIMat) saat ini sedang berlangsung di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Sejak rekrutmen dibuka secara online calon peserta yang mendaftar berdasarkan data yang dihimpun oleh tim redaksi sebanyak 537 orang. Dari total pendaftaran tersebut, tersebar kepada 236 orang SD, 129 orang SMP, 102 orang SMA, dan 70 SMK.

Dari pengamatan tim redaksi di akun media sosial PPPPTK Matematika, minat peserta untuk mengikuti Pelatihan PIKIMat cukup besar. Bahkan ada beberapa calon peserta mencoba berkali-kali mengirimkan karyanya agar bisa mengikuti Pelatihan PIKIMat di PPPPTK Matematika.

“Alhamdullillah nggak lulus… gagal lagi…coba lagi… gagal lagi coba lagi…sampe jatah gagal sudah habis trs lulus dehh…” tulis pengguna Facebook berakun @Eva Vega.

“Selamat buat yg lulus…gagal terus saya” pengguna akun instagram @hendra_noegraha juga menyatakan tidak lulus seleksi untuk tahun ini.

Tidak hanya peserta yang gagal saja yang memberikan komentar di akun media sosial PPPPTK Matematika, yang lulus seleksi pun memberikan komentar dan sekaligus memberikan motivasi kepada guru-guru yang belum lulus seleksi agar tidak menyerah mencoba dikesempatan berikutnya.

“Alhamdulillah lolos. Setelah sekian kali mencoba.. Semangat bpak ibu guru yg blum. Thun dpan masih ada..” tulis pengguna akun Facebook @Roe Can memberi semangat kepada rekan-rekannya yang masih belum lulus.

Sementara itu, peserta yang sudah lulus dan mengikuti pelatihan PIKIMat 2019 di PPPPTK Matematika Eddy Izwanto dari SMP Negeri 15 Bengkulu Tengah mengatakan kepada tim redaksi bahwa dia sangat mengapresiasi proses seleksi yang menurutnya fair dan setiap guru memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti proses seleksi yang terbuka secara online. Selama pelatihan pun dia katakan sangat terbantu dengan materi pelatihan yang diterima karena mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya mengenai keilmuan tentang publikasi ilmiah.

E:\DOWNLOADS\DSC_0111.JPG

Proses pembelajaran Pelatihan PIKIMat di PPPPTK Matematika.

Sebagai informasi PPPPTK Matematika tahun 2019 menyelenggarakan Pelatihan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovasi Pembelajaran Matematika (PIKIMat) yang ke 7. Pada awalnya tahun 2013 nama Pelatihan PIKIMat adalah Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Two in One, kemudian tahun 2018 berubah menjadi Pelatihan PIKIMAT.

Pelatihan PIKIMat ditujukan untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK melalui proses seleksi terbuka yang diumumkan oleh PPPPTK Matematika melalui website resmi di laman www.p4tkmatematika.org. Tahun 2019, pengumuman rekrutmen juga memanfaatkan akun media sosial yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika sehingga jangkauannya bisa lebih luas lagi.

Dalam persyaratan yang diumumkan, peserta diminta untuk mengirimkan rancangan produk inovasi/penelitian/pengembangan/karya tulis ilmiah yang nantinya akan dinilai oleh tim penilai dari PPPPTK Matematika. Setiap jenjang akan dipilih 25 orang yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pelatihan PIKIMat di PPPPTK Matematika. (RK)

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik