p4tkmatematika.org

BERITA

Kepala Sekolah, Guru, dan dan Siswa Bagikan Strategi untuk Capai Nilai UN Matematika Sempurna

Yogyakarta – Pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA dan SMK telah diumumkan pada minggu ke-dua bulan Mei 2019. Hasil UNBK jenjang SMA dan SMK yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih nilai rerata tertinggi dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Untuk mata pelajaran matematika berdasarkan data yang diterima dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY capaian nilai sempurna pada jenjang SMA di wilayah DIY berhasil diraih sebanyak 111 siswa dan pada jenjang SMK diraih sebanyak 102 siswa.

“Pencapaian prestasi ini sangat membanggakan dan oleh sebab itu, PPPPTK Matematika merespon hasil capaian tersebut dengan menggelar diskusi yang tidak hanya melihat kelemahan UN tetapi juga keberhasilan pencapaian UN untuk dibagikan sehingga provinsi lain dapat mensejajarkan diri dengan keberhasilan yang telah dicapai oleh DIY.” ujar Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd pada acara Diskusi Kelompok Terpumpun dengan tema “Strategi Mencapai Keberhasilan dalam Pembelajaran Matematika” tanggal 23 Mei 2019 pukul 15.00 WIB di Aula Ki Hadjar Dewantara.

E:\DOWNLOADS\DSC_0096.JPG

Suasana Diskusi Kelompok Terpumpun: Strategi Mencapai Keberhasilan dalam Pembelajaran Matematika tanggal 23 Mei 2019 di Aula Ki Hadjar Dewantara PPPPTK Matematika.

Kepala Disdikpora DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji, menambahkan mengenai pencapaian DIY dalam tingkat kejujuran dan integritas UNBK selama 7 tahun berturut-turut menjadi terbaik di Indonesia. Dikaitkan dengan kejujuran dan integritas tersebut maka kemampuan anak-anak yang berhasil meraih nilai sempurna adalah murni karena kecerdasan mereka dan juga peran dari guru-guru mereka di sekolah.

Diskusi tersebut dihadiri oleh tujuh orang siswa peraih nilai 100 UNBK mapel matematika SMA /SMK dari Provinsi DIY, satu orang siswa peraih peringkat 1 UNBK SMK provinsi DIY, orang tua siswa, dan guru-guru matematika SMP dan SMA/SMK dari provinsi DIY.  Bertindak sebagai nara sumber adalah Kadisdikpora DIY, Kepala PPPPTK Matematika, Kepala Sekolah dan Guru Matematika SMKN 1 Wonosari Gunungkidul, dan Kepala Sekolah serta Guru dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Diskusi ini bertujuan untuk berbagi mengenai strategi belajar sehingga dapat  memperoleh nilai sempurna.

Kepala Sekolah SMKN 1 Wonosari, Susianti mengatakan strategi yang diterapkan di sekolahnya yaitu dengan menerapkan disiplin dan menyiapkan siswa sejak kelas X untuk menghadapi UN. Dikatakannya juga peran guru di kelas sangat penting untuk memotivasi siswa, oleh sebab itu hendaknya guru hadir di dalam dunia anak sehingga siswa merasa membutuhkan dan pada akhirnya memiliki inisiatif untuk belajar dengan baik.

Strategi lain yang juga disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Retno Sumirat dari SMA Muhammadiyah 2 adalah memanfaatkan tutor sebaya untuk membantu pembelajaran bagi siswa kelas X dan XI. Pemanfaatan tutor sebaya ini dinilainya lebih efektif untuk membantu siswa belajar.

Jumiyo, guru mata pelajaran matematika di SMKN 1 Wonosari mengungkapkan salah satu cara yang digunakan selama mengajar matematika adalah tidak pernah memberikan PR kepada siswa. “Saya hanya memfasilitasi soal-soal untuk dikerjakan siswa, boleh dikerjakan di rumah atau di sekolah. Siswa diberi kebebasan untuk mengerjakan soal latihan memberi konsultasi 24 jam bisa lewat whatsapp.”

Pengalaman yang disampaikan oleh Nanik Tri Purwaningsih, guru matematika SMA Muhammadiyah 2, adalah selama ini siswa sering membandingkan cara mengajar guru di sekolah dengan yang didapat dari bimbingan belajar. Oleh sebab itu, Nanik meniru metoda yang digunakan bimbel dengan cara memberi latihan soal-soal yang bervariasi kepada siswa.

Sementara itu, Emi Widyawati, salah satu siswa peraih nilai UN matematika SMA sempurna menjelaskan persiapan dilakukannya sudah dilakukan jauh sebelum mengikuti UN. Bahkan menurutnya soal UN yang dikerjakannya lebih mudah dibandingkan soal try out yang pernah diikuti Emi.

E:\DOWNLOADS\DSC_0171.JPG

Siswa peraih nilai UN Matematika sempurna jenjang SMA/SMK menerima penghargaan dari PPPPTK Matematika yang disampaikan oleh Kepala PPPPTK Matematika.

Pada akhir acara diskusi, Kepala PPPPTK Matematika memberikan penghargaan kepada siswa yang meraih nilai UN matematika sempurna. (RK)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik