p4tkmatematika.org

BERITA

PPPPTK Matematika Gelar FGD AJarMat

Yogyakarta-Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun /Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk “ Optimalisasi Pemberdayaan Guru Matematika dalam Diseminasi Hasil Diklat Melalui Gerakan Ayo Belajar Matematika (AJarMat) Kamis (13/6/19).

Acara  yang dihelat di Ruang Gamma PPPPTK Matematika ini menghadirkan 6 narasumber, yaitu Dr. Supriano, M.Ed (Dirjen GTK), Drs. Abu Khaer, M.Pd (Kepala TK dan PLB), Dr. David, M.Pd, (Dosen Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta), Endah Retnowati, Ph.D (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta), Dra. Sukayati, M.Pd (Pemerhati Pendidikan ), Dra. Sri Wardhani, M.Pd (Pemerhati Pendidikan)

Peserta kegiatan terdiri para alumni diklat PPPPTK Matematika, orang tua murid, widyaiswara PPPPTK Matematika dan TK/PLB,  dosen, pemerhati pendidikan, Paud Dikmas Disdik Kab. Sleman, dan Disdikpora Kota Yogyakarta, Balai Paud Dikmas Kemdikbud Prov. DIY, serta staf Pegawai PPPPTK Matematika

E:\Cahyo 2019\Buku bulanan\6. Juni\4. Diskusi Kelompok Terpumpun AjarMat\WhatsApp Image 2019-06-13 at 14.38.27.jpeg

Dirjen GTK, Supriano,. didampingi Kepala PPPPTK Matematika, Daswatia Astuty memberikan arahan kepada peserta FGD

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Dr. Supriano, M.Ed. didampingi Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. dalam arahannya mengapresiasi dan mendukung konsep model AJarMat yang menyenangkan.

“Kalau bisa AJarMat tidak hanya di lingkungan Yogyakarta namun bisa dijadikan gerakan di tingkat nasional.” Ucap Supriano. Beliau juga menyampaikan bahwasanya mulai  tahun ini pemerintah sudah mulai melakukan pergeseran pelatihan berbasis zona melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) .

“Mulai tahun ini, zona tidak hanya digunakan untuk PPDB, tetapi juga  untuk peningkatan mutu, pemerataan guru, dan  infrastruktur” ujar Supriano. Selain itu, dikatakannya zonasi merupakan langkah untuk mendistribusikan guru agar tidak menumpuk di sekolah favorit sehingga  kualitas mutu pendidikan dapat tersebar dengan merata.

E:\Cahyo 2019\Buku bulanan\6. Juni\4. Diskusi Kelompok Terpumpun AjarMat\WhatsApp Image 2019-06-13 at 14.38.03.jpeg

Penanggung Jawab Kegiatan FGD, Rachmadi Widdiharto, menyampaikan rencana kegiatan FGD kepada peserta.

Sebelumnya, Penanggung Jawab Kegiatan, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program  PPPPTK Matematika dalam hal peningkatan kompetensi dan Pemberdayaan Pendidik, dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional ke-2 angkatan VI yang sedang diikutinya.  “Kami berupaya menjaring gagasan dan ide dimana kita berharap program ini adalah salah satu terobosan yang sedang kita kembangkan.” Ucap Rachmadi. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa program AjarMat ini muncul berawal  dari pelatihan yang selama ini dilakukan melalui jalur formal baik pada guru matematika, guru matematika di sekolah maupun melalui MGMP menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Untuk itu beliau ingin mengoptimalkan jalur nonformal maupun informal melalui peran para alumni diklat PPPPTK Matematika.

“Tanggung jawab percepatan capaian prestasi belajar matematika  siswa maupun peningkatan kompetensi guru tidak semata-mata tanggung jawab struktur formal.” Kata Rachmadi. Diakhir laporannya beliau  berharap dengan memberdayakan alumni diklat PPPPTK Matematika stigma negatif tentang pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan dapat berubah menjadi menarik dan menyenangkan. (DD)

 

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik