p4tkmatematika.org

BERITA

PPPPTK Matematika Gelar Sarasehan Ilmiah Permasalahan dan Strategi Pembelajaran Matematika

Yogyakarta- Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta menggelar kegiatan Pengumpulan Data Penelitian, Penelitian Miskonsepsi Matematika/Sarasehan Ilmiah Permasalahan Strategi Pembelajaran Matematika serta kaitannya dengan UN, HOTS, dan STEM. Acara ini merupakan salah satu bentuk upaya PPPPTK Matematika untuk menghasilkan inovasi pembelajaran matematika berbasis riset serta untuk memperoleh informasi yang aktual mengenai permasalahan dalam hal pembelajaran matematika terkait dengan implementasi kurikulum 2013 atau kompetensi PTK matematika di SD, SMP, SMA/K. Selanjutnya hal ini dapat dijadikan dasar untuk membuat kebijakan dalam mengembangkan program-program PPPPTK Matematika di masa mendatang.

 Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Dra. Puji Iryanti, M.Sc.Ed., dalam sambutannya mengatakan kegiatan Risetmatika merupakan program PPPPTK Matematika tahun 2019 yang difokuskan pada tiga isu. yaitu: evaluasi dampak diklat, studi tentang miskonsepsi guru, dan studi tentang kemampuan matematis guru. Beliau juga menyampaikan bahwa peran guru sangat penting dan tidak akan bisa tergantikan walau kemajuan zaman luar biasa terutama dalam kedekatan emosional antara siswa dan guru.

“Banyak robot yang dapat difungsikan macam-macam dan bisa menjadi sumber belajar, tetapi robot tidak mempunyai kedekatan emosi, sehingga peran guru sebagai manusia tidak tergantikan.”Ucap Puji. Selain itu, dikatakannnya pula bahwa mutu suatu sistem pendidikan tidak bisa melampui guru dan Kepala Sekolah karena pembelajaran siswa adalah produk yang terjadi di dalam kelas.

 Sebagai informasi, acara ini dilaksanakan di gedung Gauss, PPPPTK Matematika, selama dua hari dari tanggal 24 s.d. 25 Juni 2019 dan diikuti 140 orang guru matematika yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan materi, antara lain: aktivitas STEM untuk Pembelajaran Matematika, Konsep dan Implementasi Soal HOTS dalam Pelaksanaan UN SMA/SMK, dan Mengantisipasi Kesulitan dan Miskonsepsi Matematika yang dihadapi dalam Pembelajaran. Keseluruhan materi tersebut disajikan oleh widyaiswara dan PTP Matematika, yaitu: Dr. Sumardyono, M.Pd., Mahmun Zulkifli, S.Pd., M.Si, dan Jakim Wiyoto, S.Si. Dari hasil kegiatan ini diharapkan terkumpulnya data penelitian risetmatika tahun 2019. (DD)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik