p4tkmatematika.org

BERITA

PPPPTK Matematika Lakukan Monev Zonasi Pendidikan

Yogyakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerapkan kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebagai salah satu upaya pemerintah memperluas akses untuk mencapai pemerataan mutu pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi mengatakan bahwa kebijakan zonasi merupakan langkah strategis untuk membangun sistem pendidikan yang maju.

Pelaksanaan zonasi di daerah harus benar-benar diawasi dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan oleh sebab itu untuk mengecek sejauh mana pelaksanaan PPDB terkait dengan sistem zonasi tahun 2019, Kemdikbud membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan monitoring di lapangan.

Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Kemdikbud menurunkan Tim Satgas dari 11 UPT Kemdikbud yang ada di wilayah DIY untuk mengumpulkan informasi mengenai pemahaman tentang peraturan-peraturan dan perangkat kebijakan terkait PPDB, pelaksanaan PPDB 2019 di daerah, penetapan zonasi di daerah, dan isu-isu terkini terkait pelaksanaan PPDB di DIY. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi dilaksanakan dalam rentang waktu 17 s.d 19 Juli 2019.

PPPPTK Matematika juga tergabung dalam Tim Satgas dan ikut berperan melakukan monitoring dan evaluasi di beberapa tempat, yaitu Dinas Pendidikan Kab. Bantul, SMAN 1 Kalasan, SMPMP 4 Pakem, dan SD Model Sleman. Dalam kegiatan ini, Tim Satgas PPPPTK Matematika melakukan wawancara kepada Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru, dan orang tua siswa berdasarkan instrumen yang telah dibuat oleh Kemdikbud.

E:\DOWNLOADS\Wawancara.jpeg

 

Hasil monitoring dan evaluasi tersebut selanjutnya dikumpulkan dan diolah oleh Kemdikbud untuk mendapatkan potret utuh atas pelaksanaan PPDB dan bahan evaluasi Kemdibud terhadap kebijakan Zonasi Pendidikan. (RK)

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik