p4tkmatematika.org

BERITA

PPPPTK Matematika Lakukan Uji Coba Terbatas Gerakan AJarMat

Yogyakarta – Tahun 2019, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) merintis Gerakan Ayo Belajar Matematika (AJarMat). Gerakan AJJarMat dicetuskan oleh PPPPTK Matematika sebagai respon untuk membangun ekosistem pendidikan serta mempercepat peningkatan capaian prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika. Sebagai motor penggerak kegiatan ini, PPPPTK Matematika telah mencetak Kader Gerakan AJarMat yang berasal dari alumni pelatihan PPPPTK Matematika.

Saat ini, para Kader Gerakan AJarMat sedang melakukan uji coba terbatas untuk implementasi Gerakan AJarMat di beberapa daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rentang waktu 13 s.d 19 Juli 2019. Pada kegiatan tersebut para Kader AJarMat mensosialisasikan program ini kepada orang tua dan masyarakat umum. Melalui sosialisasi ini peserta diberi pemahaman bagaimana cara mendampingi anak-anak belajar matematika yang menyenangkan sehingga stigma matematika menakutkan itu hilang.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-07-15 at 7.17.45 PM.jpeg

Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., sedang melakukan pendampingan pada kegiatan Ujicoba Terbatas Gerakan AJarMat di Balai Pertemuan warga Rw 04 Lempuyangan Bausasran, Senin 15 Juli 2019.

“Satu tujuan Gerakan AJarMat adalah mengajak, memotivasi, dan mendorong orang tua dan masyarakat bagaimana membangun iklim yang kondusif dalam mendampingi anak-anak belajar matematika sehingga menjadi pembelajaran yang menyenangkan, memotivasi, dan kreatif,” demikian dijelaskan oleh Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A.

Saat berlangsungnya kegiatan Implementasi Gerakan AJarMat di SD Negeri Kaliajir Berbah, Kepala UPT Pelayanan Pendidikan Kec. Berbah, Drs. Mayang Sutrisna, S.Pd., MM., mendukung penuh Gerakan AJarMat yang digagas oleh PPPPTK Matematika dan berharap program ini bisa dilakukan tidak hanya di beberapa wilayah saja, namun juga seluruh wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-07-17 at 5.20.23 PM.jpeg

Peserta Implentasi Gerakan AJarMat di Kec. Gedongtengen (17 Juli 2019) mengikuti dengan antusias bagaimana praktik pembelajaran matematika agar bisa diterapkan dalam mendampingi anak belajar matematika di rumah.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-07-16 at 10.45.19 AM(1).jpeg

Suasana kegiatan Implementasi Gerakan AJarMat di SD Negeri Kaliajir Berbah tanggal 16 Juli 2019.

Salah seorang orang tua murid yang mengikuti kegiatan Implementasi Gerakan AJarMat, Ayu Kusuma Andriani mengatakan sangat senang mengikuti sosialisasi ini karena menambah pengetahuan untuk membimbing anak dalam belajar matematika dan berharap anak akan lebih menyenangi belajar matematika. (RK)

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Plugin created by Jake Ruston - Sponsored by Cashmere Blanket.

Arsip
Statistik