p4tkmatematika.org

PROFIL

PPPPTK MATEMATIKA

Jl. Kaliurang Km 6, Sambisari, Condong Catur, Depok, Sleman, DIY

Kotak Pos 31 YK-BS Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 885725, 881717, 887755 Fax. (0274) 885752

Website : www.p4tkmatematika.org, email : p4tkmatematika@yahoo.com

 

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPTK Matematika) merupakan salah satu unit pelaksana teknis pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sesuai dengan Permendiknas nomor 8 Tahun 2007, PPPPTK Matematika mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Matematika.

Untuk mewujudkan layanan yang prima, profesional, berbobot, dan unggul dalam proses pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika, pada bulan Oktober 2008 setelah melalui trienial audit oleh badan sertifikasi PT SAI Global Indonesia, sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dintegrasikan ke Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 karena telah memenuhi klausul-klausul yang dipersyaratkan. Selain itu, pada tahun 2010 PPPPTK Matematika mendapatkan Piala Citra Pelayanan Prima dan Piagam Penghargaan Pelayanan Publik.

Sejak bulan Juli tahun 2007, PPPPTK Matematika juga mendapat kepercayaan untuk merintis berdirinya SEAMEO Centre for QITEP in Mathematics, suatu lembaga diklat bertaraf regional di bawah organisasi menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara. SEAMEO Centre for QITEP in Mathematics diresmikan pada tanggal 13 Juli 2009 oleh Presiden SEAMEO Council pada saat itu, Mr. Jurin Laksanawisit yang juga Menteri Pendidikan Thailand.

Saat ini PPPPTK Matematika menempati areal seluas 32.049 m2 yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika.

SEJARAH PPPPTK MATEMATIKA

Upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebidayaan antara lain dilakukan dengan penyempurnaan/perubahan kurikulum pendidikan yang dimulai pada tahun 1975 serta menyelenggarakan berbagai kegiatan penataran melalui Proyek Pengembangan Pendidikan (P3D), Proyek Pembinaan Sekolah Dasar (P2SD), Proyek Penataran Guru Pembina dan Kemampuan SPG Jakarta, Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), dan lainnya. Setelah dievaluasi, ternyata proyek-proyek tersebut hasilnya belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah bahwa kegiatan penataran belum ditangani oleh institusi/lembaga secara profesional yang khusus menangani pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, pada tahun 1977 mulailah dirintis pendirian lembaga diklat yaitu Balai Penataran Guru (BPG) Nasional.

Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0117/O/1977 tanggal 23 April 1977 ditetapkan bahwa di Yogyakarta didirikan Balai Penataran Guru dan Tenaga Teknis Tingkat Nasional, yaitu cikal bakal Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika. Tugas pokok dan fungsi dari lembaga ini adalah meningkatkan mutu pendidikan matematika.

Lembaga ini mulai melakukan kegiatannya untuk pertama kali sejak tanggal 1 Mei 1980 dan diresmikan operasinya pada tanggal 13 November 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat itu yaitu Dr. Daoed Joesoef. Selanjutnya, tanggal 13 November 1980 inilah yang dijadikan tonggak berdirinya PPPG Matematika.

Kemudian berdasarkan SK Mendikbud No. 0529/O/1990 tanggal 14 Agustus 1990 ditetapkan bahwa PPPG Matematika adalah Unit Pelaksana Teknis di bidang pengembangan pelatihan guru di bidang matematika di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang kedudukannya berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta. Dalam SK tersebut disebutkan tugas PPPG Matematika adalah melaksanakan penataran dan pengembangan teknis pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi kerja guru matematika, dalam kaitannya dengan usaha peningkatan mutu pendidikan.Selanjutnya berdasarkan Peraturan Mendiknas Nomor 31 tahun 2005 ditetapkan bahwa Pusat Penataran dan Pengembangan Guru (PPPG) berada di bawah Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Selanjutnya berdasarkan Permendiknas nomor 8 Tahun 2007 disebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan sesuai standar nasional pendidikan, perlu dilakukan refungsionalisasi Pusat Pengembangan Penataran Guru menjadi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dengan demikian, nama PPPG Matematika berubah menjadi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, dan merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional di bidang pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika. Sebanyak 12 PPPPTK di Indonesia, termasuk PPPPTK Matematika berada di bawah Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Dalam Permendiknas No. 36 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendiknas, ditetapkan adanya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang mempunyai tugas melaksanakan pengembangan sumber daya manusia pendidikan dan penjaminan mutu pendidikan. Dengan demikian, dengan dihapuskannya Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, maka berdasarkan peraturan yang baru tersebut, PPPPTK Matematika berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Selanjutnya, seiring dengan perubahan nama Kementerian Pendidikan Nasional menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka berdasarkan Permendikbud No. 1 Tahun 2012, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan berubah nama menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PPPPTK MATEMATIKA

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 8 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja PPPPTK menyatakan bahwa PPPPTK Matematika mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan PTK Matematika.

Sedangkan fungsi PPPPTK Matematika adalah sebagai berikut:

a. Penyusunan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.

b.  Pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

c.   Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

d.  Evaluasi program dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

e.   Pelaksanaan urusan administrasi PPPPTK Matematika.

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi PPPPTK Matematika dapat digambarkan dalam bagan berikut :

Berikut ini uraian tugas pokok dan fungsi dari masing-masing unit.

a.       Kepala PPPPTK Matematika

Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinasikan, mengarahkan, memonitor, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan, dan mempertanggungjawabkan serta melaporkan kinerja institusi dalam melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan Matematika.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Kepala PPPPTK Matematika wajib menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja institusi kepada BPSDMPK dan PMP serta menyampaikan hasil fasilitasi peningkatan kompetensi PTK kepada pemerintah provinsi, pemerintah  kabupaten, dan pemerintah kota terkait.

b.       Bagian Umum

Bagian Umum mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan adminstrasi PPPPTK Matematika. Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Umum menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  • Koordinasi pelaksanaan kegiatan PPPPTK Matematika.
  • Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan.
  • Pelaksanaan urusan ketatalaksanaan dan kepegawaian.
  • Pelaksanaan urusan keuangan

Bagian Umum terdiri atas subbagian sebagai berikut.

1)      Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga

Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, kearsipan, kerumahtanggaan, dan perlengkapan.

2)      Subbagian Tatalaksana dan Kepegawaian

Subbagian Tatalaksana dan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan urusan ketatalaksanaan, mutasi, pengembangan, dan disiplin pegawai

3)      Subbagian Keuangan

Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran, pembiayaan, perbendaharaan, dan evaluasi pelaksanaan anggaran

c.        Bidang Program dan Informasi

Bidang Program dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pengembangan program, serta pengelolaan informasi kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam melaksanakan tugas, Bidang Program dan Informasi menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  • Penyusunan program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Pengembangan model-model peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Pengelolaan data dan informasi kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Evaluasi program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Bidang Program dan Informasi terdiri dari seksi sebagai berikut.

1)      Seksi Program

Seksi Program mempunyai tugas melakukan penyusunan program dan evaluasi program, serta pengembangan model-model peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

2)      Seksi Data dan Informasi

Seksi Data dan Informasi mempunyai tugas melakukan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

d.       Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi

Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi mempunyai tugas melaksanakan fasilitasi dan evaluasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi  menyelenggarakan fungsi sebagai berikut.

  • Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Evaluasi pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi terdiri dari seksi:

1)      Seksi Penyelenggaraan

Seksi Penyelenggaraan mempunyai tugas melakukan penyiapan fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

2)      Seksi Evaluasi

Seksi Evaluasi mempunyai tugas melakukan penyiapan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

e.       Kelompok Jabatan Fungsional

1)     Koordinator Widyaiswara

Koordinator Widyaiswara ditunjuk dan bertanggungjawab kepada Kepala PPPPTK Matematika untuk melaksanakan tugas koordinasi kegiatan kewidyaiswaraan dan menyampaikan laporan kinerja widyaiswara kepada pimpinan institusi.

2)     Widyaiswara

Berdasarkan Permenpan No 14 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya, tugas pokok widyaiswara adalah mendidik, mengajar, dan/atau melatih PNS pada unit pendidikan dan pelatihan instansi masing-masing.

VISI DAN MISI PPPPTK MATEMATIKA

Visi PPPPTK Matematika 2014:

Terwujudnya PPPPTK Matematika sebagai institusi yang terpercaya dan pusat unggulan dalam pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika

Pusat Unggulan mempunyai makna bahwa PPPPTK Matematika diharapkan dapat menghasilkan produk-produk layanan pendidikan matematika dan mengembangkan model-model diklat yang inovatif. Terpercaya mempunyai makna bahwa program-program PPPPTK Matematika diharapkan memiliki ciri yang unique, terdepan, dan mempunyai nilai tambah bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat pendidikan matematika dalam upaya peningkatan mutu PTK Matematika sehingga bisa menjadi referensi bagi customer.

Untuk dapat mencapai visi yang sudah ditetapkan, diperlukan langkah-langkah nyata yang dituangkan dalam misi dengan rumusan sebagai berikut.

Misi PPPPTK Matematika 2010-2014:

1)         Mengembangkan model-model diklat PTK Matematika.

2)         Mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

3)         Memfasilitasi peningkatan kompetensi PTK Matematika.

4)         Menumbuhkan citra matematika sebagai mata pelajaran yang mudah dan menyenangkan.

5)         Memberikan masukan dalam pengembangan kurikulum pendidikan matematika.

6)         Membangun hubungan kerja sama dengan institusi pendidikan pada level nasional dan internasional dalam rangka peningkatan kompetensi PTK Matematika.

TATA NILAI

Dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misinya, PPPPTK Matematika menyadari pentingnya penetapan tata nilai yang berfungsi sebagai penentu arah bagi sikap dan perilaku seluruh insan PPPPTK Matematika dalam menjalankan tugas sehari-hari. Tata nilai tersebut juga akan menyatukan hati dan pikiran seluruh pegawai dalam melaksanakan seluruh program kegiatan PPPPTK Matematika. Oleh karena itu, segenap pegawai PPPPTK Matematika perlu memahami dan menerapkan makna nilai-nilai yang terkandung dalam tata  nilai tersebut untuk mewujudkan budaya kerja institusi.

MOTTO

Raih sukses bersama dengan kerja semangat, cerdas, dan ikhlas

Kerja semangat memiliki makna senantiasa berusaha meningkatkan diri agar dapat menyelesaikan tugas secara cepat. Kerja cerdas memiliki makna mempunyai kemampuan membaca kebutuhan masyarakat pendidikan matematika dan bertindak secara tepat dalam menyelesaikan berbagai tugas.  Kerja ikhlas memiliki makna melakukan pekerjaan dalam kerangka ibadah kepada Allah SWT.

JANJI LAYANAN

Cepat, Tepat, Ramah, dan Konsisten

Layanan PPPPTK Matematika berfokus kepada pelanggan dan perbaikan berkelanjutan dengan layanan yang cepat, tepat, ramah, dan konsisten.

TUJUAN STRATEGIS PPPPTK MATEMATIKA

Untuk mewujudkan Visi dan melaksanakan Misi PPPPTK Matematika, ditetapkanlah 5 tujuan strategis sebagai acuan dalam pelaksanaan program-program PPPPTK Matematika.

SUMBER DAYA MANUSIA

Dalam melaksanakan tugas pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika, PPPPTK Matematika didukung penuh oleh widyaiswara dan instruktur yang berkompeten dibidang matematika, pendidikan matematika, dan ICT baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Pengembangan staf baik dengan pendidikan gelar maupun non gelar juga terus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program-program PPPPTK Matematika sesuai dengan visi dan misi lembaga. Jumlah pegawai negeri sipil PPPPTK Matematika per 1 Maret 2012 adalah 182 orang.

Komposisi pegawai berdasarkan latar belakang pendidikan, jabatan, pendidikan pegawai jenjang S1, S2, dan S3  dapat dilihat dalam tabel di bawah ini.

Pengalaman SDM

SDM PPPPTK Matematika memiliki berbagai pengalaman di tingkat nasional maupun internasional, baik sebagai penyelenggara, penyaji, atau peserta. Pengalaman SDM tersebut antara lain:

Tingkat Nasional

1. Sebagai penyelenggara, penyaji dan fasilitator berbagai macam diklat,workshop bagi pendidik dan tenaga kependidikan Matematika di Indonesiauntuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan widyaiswara LPMP.

2. Sebagai penyelenggara, penyaji berbagai seminar dan lokakarya pengembangan pendidikan matematika

3. Mengikuti lomba karya ilmiah widyaiswara tingkat nasional

Tingkat Internasional

1. Sebagai penyelenggara/narasumber/penyaji/peserta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh SEAMEO Centre for QITEP in Mathematics, antara lain :

a.    Regular Training : Joyful Learning in Mathematics Education, Teacher Made Teaching Aid, Clinical Supervision, SEA-RME, Differentiated Instruction, IT-Based Mathematics Education, dan Lesson Study

b.    In-Country Course on Clinical Supervision yang diselenggarakan di LaoPDR

c.    1st International Symposium on Mathematics Education Innovation

d.    Regional Wide Assessment untuk negara Asia Tenggara

e.    Research on SEA Mathematics Content

f.     Research on the Sustainability of Lesson Study di negara-negara ASEAN

g.    Training Need Assessment di negara-negara ASEAN

h.    Short Course di SEAMEO Innotech Pilipina

2.  Sebagai penyaji dalam Workshop Web-Based Course di SEAMEO RETRACdi Vietnam

3.  Sebagai peserta kegiatan ISODEL (International Symposium Open,Distance and E-Learning)

4.  Sebagai peserta kegiatan Colombo Plan: Professional Development Programme for Science and Mathematics Teacher di SEAMEO RECSAM Malaysia

5.  Sebagai peserta kegiatan Joint Recsam/ICASE Regional Seminar “The WayForward for Science and Technology Education Implications for PolicyMakers di SEAMEO RECSAM Malaysia”

6.  Sebagai peserta Workshop Gifted Students Educations, di Hanoi,Vietnam

7.  Sebagai peserta kegiatan magang di SEAMEO RECSAM

8.   Sebagai penyelenggara kegiatan Diklat Lesson Study bagi negara-negaraE9

9.   Sebagai penyelenggara kegiatan Diklat Mathematics Mobile Learning bagi negara-negara ASEAN

KERJASAMA/KEMITRAAN TINGKAT NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pendidik dan tenaga kependidikan matematika,  PPPPTK Matematika melakukan kerjasama/kemitraan dan networking dengan instansi lain baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tingkat Nasional

Di tingkat nasional, PPPPTK Matematika telah melakukan kerjasama/kemitraan dengan instansi-instansi antara lain :

1.    Direktorat Jenderal BPSDM dan PMP dan direktorat-direktorat dibawahnya

2.    Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia

3.    Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota di Indonesia

4.    Badan Kepegawaian Daerah

5.    Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

6.    Berbagai Perguruan Tinggi seperti UGM, UNY, USD, UNM, ITB, UPI,UNLAM, UNIMED, UNP, UNSRI, dsb

7.    Balai Diklat Keagamaan Departemen Agama

8.    Kementerian Agama

Kerjasama tersebut dilaksanakan antara lain dalam outsourcing, pelaksanaan diklat, bimbingan teknis, pembinaan olimpiade, dan lain-lain.  Beberapa bentuk kerjasama yang sudah dilaksanakan dapat dilihat dalam tabel berikut :

Tingkat Internasional

Kerjasama tingkat internasional dilaksanakan dalam bentuk sharing expert, dan dilakukan dengan institusi :

1.        Criced Tsukuba, Japan

2.        University of Waikato, New Zealand

3.        ICT Training Centre, Oundle, UK

4.        Hongkong University

5.        University of Western Sydney, Australia

6.        Victoria University, New Zealand

7.        Negara-negara anggota SEAMEO

PROGRAM UNGGULAN PPPPTK MATEMATIKA

Dalam melaksanakan tugasnya untuk mengembangkan dan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan matematika, PPPPTK Matematika mempunyai program unggulan yaitu :

1. FASILITASI PENINGKATAN KOMPETENSI PTK

  1. Diklat Guru Pemandu Matematika SD
  2. Diklat Guru Pengembang Matematika SMP, SMA, dan SMK
  3. Diklat Pembelajaran Matematika SD PMRI
  4. Diklat Supervisi Tingkat Dasar
  5. Diklat Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika
  6. Diklat Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika
  7. Diklat Pembuatan Alat Peraga Matematika
  8. Diklat Mathematics Mobile learning
  9. E-Learning
  10. Bimbingan Teknis

Bimbingan Teknis merupakan program diklat singkat dengan pola 8 JPL (1 hari) yang diperuntukkan bagi kelompok guru (KKG/MGMP/KKKS/MKKS) dan mahasiswa dengan materi seputar permasalahan yang dihadapi guru/mahasiswa dalam pembelajaran matematika. Dalam bimbingan teknis ini juga ditawarkan materi-materi dari beberapa unit pendukung di PPPPTK Matematika yaitu unit Mathematics Playground, Media Alat Peraga Matematika, Media Teknologi Informasi, dan Media Audio Visual.

1. PENUNJANG FASILITASI PENINGKATAN KOMPETENSI PTK

a.      Penyusunan Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP

b.      Penyusunan Modul-modul Diklat

c.       Pengembangan Prototype Alat Peraga Matematika

d.      Penyusunan Lembar Kerja dan Petunjuk Alat Peraga Matematika

e.      Penyusunan Software Pembelajaran Matematika

f.        Pembuatan Video Pembelajaran Matematika

g.      Penerbitan Buletin dan Jurnal

h.      Workshop Pengembangan Struktur dan Silabus Diklat

i.        Blockgrant KKG/MGMP

j.        Pengembangan website

k.       Mathematics Mobile Learning

2. SEAMEO FOR QITEP IN MATHEMATICS

a.      Course on Southeast Asia-Realistic Mathematics Education

b.      Course on Development Lesson Study in Mathematics Education

c.       Course on Clinical Supervision

d.      Course on Joyful Learning in Mathematics Education

e.      Course on Teacher Made Teaching Aid

f.        Course on Development of IT-Based Mathematics Learning

g.      Course on Lesson Study

h.      In Country Course

i.        Customised Course

j.        Research on Sustainability of Lesson Study in Southeast Asia

k.       Regional Wide Assessment

l.        International Symposium

m.    International Seminar

UNIT-UNIT PENDUKUNG AKADEMIS

Untuk mendukung tugas dan fungsi lembaga, khususnya dalam hal fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, PPPPTK Matematika mengembangkan unit-unit pendukung akademis. Keberadaan unit-unit ini di samping sebagai pusat sumber belajar bagi pendidik dan tenaga kependidikan matematika, juga mengembangkan berbagai produk untuk mendukung peningkatan kompetensi guru. Produk unit-unit pendukung akademis dan lembaga tersebut adalah:

1. Unit Media Alat Peraga Matematika

Unit Media Alat Peraga Matematika (MAMP) merupakan unit penunjang akademis di bawah Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi. Unit MAPM memiliki kurang lebih 200 macam alat peraga yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran matematika di SD, SMP, atau SMA, dan alat peraga permainan matematika. Unit MAPM juga melayani konsultasi alat peraga matematika, peminjaman alat peraga, penggunaan ruang kelas untuk kegiatan diklat/bimbingan teknis, dan pembuatan alat peraga. Selain itu unit MAPM juga menyelenggarakan kegiatan Workshop Pembuatan Alat Peraga dan Pelatihan Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SD. Ruang kelas di Unit MAPM mempunyai daya tampung 80-100 orang.

2. Unit Media Teknologi Informasi

Unit MTIK memiliki fasilitas di antaranya Laboratorium ICT dengan fasilitas 30 unit laptop, Lan Training (1 unit), Video Converence System (1 unit), TV Plasma 52” (3 unit), LCD projector (2 unit).

Selain itu, Unit MTI juga mengelola 2 laboratorium komputer sebagai sarana penunjang kegiatan pelatihan komputer yang masing-masing berkapasitas 30 komputer dan dilengkapi dengan fasilitas jaringan LAN, Internet, LCD, AC, Sound System dan Multimedia.

Produk-produk yang sudah dihasilkan oleh unit MTI di antaranya Website PPPPTK Matematika, Blog Pendidikan EDUKASIANA, Sistem Informasi Touchscreen, Mathematics Mobile Learning (MML), SIM-DIKLAT, Sistem Layanan Data Diklat, SIM Fasilitasi Asrama, Bank Soal Matematika, Antena WiFi, dan Free Hotspot.

Unit MTI juga melayani jasa Diklat/Bimbingan Teknis untuk pemanfaatan ICT khususnya untuk pendidikan/pembelajaran. Materi yang diberikan di antaranya Pemanfaatan ICT Untuk Pembelajaran, Pembuatan dan Pengelolaan Web Blog, Pemanfaatan Jaringan Komputer, Pemanfaatan Mobile Learning, Pemanfaatan Software Open Source, Pemanfaatan e-Learning/Online Distance Learning, dan Pemanfaatan ICT Untuk Manajemen Sekolah.

3. Unit Riset dan Pengembangan

Unit Riset dan Pengembangan bertugas melakukan riset dan pengembangan di bidang media pembelajaran matematika, menghasilkan produk-produk PPPPTK Matematika dan non-PPPPTK Matematika, serta riset dan pengembangan pedagogis pembelajaran matematika termasuk pemecahan masalah. Unit Riset dan Pengembangan memiliki program-program unggulan, di antaranya penelitian di bidang pendidikan matematika, seminar pendidikan matematika dan media pembelajaran (PMMP), diskusi TEOREMA (temu omong rencang-rencang matematika), dan buletin Ringan (riset dan pengembangan).

4. Unit Mathematics Playground

Unit Mathematics Playground bertugas melakukan pengembangan dan pengelolaan model aktifitas rekreasi matematika untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan. Menempati area seluas 2500m2, gedung berbentuk oktagon dengan nuansa warna yang ceria merepresentasikan matematika menyenangkan yang menjadi tujuan utama unit ini.

Fasilitas yang terdapat di Unit Mathematics Playground antara lain aneka permainan puzzle, pengubinan, tantangan matematika, busa sabun steiner, poster matematika, multimedia (home theatre), film dan tayangan matematika, touchscreen computer, game komputer, dan lain-lain.

Unit Mathematics Playground juga melayani konsultasi dan bimbingan teknis bagi siswa, mahasiswa, guru, atau pihak lain yang berkepentingan tentang model permainan matematika dan aktifitas rekreasi matematika untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan. Selain itu Unit Mathematics Playground juga mengembangkan software animasi dan game untuk pembelajaran matematika secara interaktif dan menyenangkan.

5. Unit Perpustakaan

Unit Perpustakaan menyediakan bahan-bahan referensi yang lengkap untuk menunjang pembelajaran.  Tersedia 6.228 judul buku dengan total 19.733 eksemplar baik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Sebanyak 8.637 eksemplar diantaranya merupakan buku matematika. Selain buku, koleksi bahan pustaka lainnya adalah kumpulan bahan diklat, surat kabar harian, dan majalah.

Unit Perpustakaan menyediakan fasilitas ruang baca dengan kapasitas pengunjung 65 orang dan dilengkapi dengan hotspot sehingga pengunjung dapat membaca bahan pustaka serta mengakses internet dengan nyaman. Selain itu perpustakaan juga menyediakan fasilitas komputer untuk mengakses internet bagi pengunjung.

6. Unit Media Audio Visual

Unit MAV bertugas memproduksi dan mengembangkan media audio visual untuk mendukung pembelajaran matematika serta melaksanakan pendokumentasian kegiatan lembaga. Unit ini memproduksi video pembelajaran matematika untuk
Evaluasi program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.em SD, SMP, SMA, dan SMK yang dikembangkan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar matematika terutama pada materi-materi yang menuntut adanya visualisasi. Unit MAV memiliki peralatan produksi yang lengkap seperti kamera, peralatan lighting, editing audio dan video, fotografi, serta video pembelajaran matematika.

FASILITAS PENDUKUNG

Pelaksanaan kegiatan-kegiatan di PPPPTK Matematika ditunjang oleh fasilitas-fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi pengguna. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah :

1. Ruang Serba Guna (Aula)

Ruang serba guna berkapasitas 120 orang (dengan meja) atau 200 orang (tanpa meja) dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat seremonial seperti acara pembukaan  dan penutupan diklat. Ruang ini dilengkapi ruang transit untuk tamu VIP. Fasilitas yang tersedia adalah multimedia, AC, dan sound system.

2. Ruang Kelas

Tersedia 1 ruang kelas berkapasitas 150 orang (Ruang Pleno/Bernoulli), 1 ruang kelas berkapasitas 76 orang (Ruang Gamma), 5 ruang kelas berkapasitas 40 orang (kelas F, G, K, L, dan M), dan 3 kelas berkapasitas 30 orang (Gedung Phytagoras). Total daya tampung 516 orang. Fasilitas yang ada pada tiap kelas adalah AC, papan tulis (white board) dan layar LCD. Beberapa kelas telah dilengkapi dengan LCD dan OHP. Untuk menunjang kelancaran penyelenggaraan diklat tersedia 2 ruang sekretariat.

Selain itu, pelaksanaan diklat yang diselenggarakan oleh QITEP in Mathematics didukung dengan 1 Conference Room dan 1 ruang kelas yang masing-masing berkapasitas 30 orang, dan 1 ruang sekretariat.

3.        Asrama

Kebutuhan akomodasi peserta diklat didukung dengan adanya asrama/wisma yang representatif. Unit asrama (dua lantai) yang dapat digunakan untuk peserta diklat adalah Asrama Flamboyan lantai 2 (daya tampung 40 orang), Mawar (64 orang), Teratai (44 orang), dan Gladiol lantai 2 (12 orang) yang dilengkapi dengan AC dan kamar mandi dalam. Unit Asrama dengan model bangunan satu lantai dan kamar mandi luar yaitu Anggrek (24 orang), Cempaka (24 orang) dan Bougenvil (20 orang) serta Wisma Melati (6 orang). Fasilitas yang disediakan di tiap kamar adalah 2 tempat tidur single bed, 2 meja belajar dan almari untuk 2 orang. Peserta diklat dapat bersantai dan menikmati tayangan televisi di ruang tamu yang tersedia di masing-masing asrama. Unit asrama yang tiap kamarnya telah dilengkapi dengan AC, TV, kamar mandi dalam dan heater/pemanas air adalah Asrama Dahlia (10 kamar), Flamboyan lantai 1 (20 Kamar), dan Gladiol lantai 1 (7 kamar). Khusus untuk Asrama Gladiol lantai 2 (4 kamar) berisi masing-masing 3 tempat tidur, dan almari untuk 3 orang. Sedangkan Wisma Melati meskipun kamar mandi berada di luar kamar, sudah dilengkapi dengan water heater.  Selain itu terdapat Asrama Edelweis (2 kamar), Kenanga (6 kamar) dengan fasilitas  AC, kamar mandi dalam, dan water heater.

 

4. Kinik Kesehatan

Klinik kesehatan yang dikelola oleh seorang dokter dan perawat memberikan layanan kesehatan bagi pegawai dan peserta diklat. Klinik ini dilengkapi peralatan kesehatan dan obat-obatan yang memadai.

5. Fasilitas Olah Raga

Fasilitas olah raga yang ada di PPPPTK Matematika di antaranya 2 line lapangan tenis yang bisa digunakan pada waktu siang dan malam, 2 set perlengkapan tenis meja, dan peralatan fitness.

6. Musholla

Untuk mendukung kegiatan keagamaan bagi karyawan dan peserta diklat, khususnya yang muslim, tersedia musholla “Al Khwarizmi” yang representatif dengan suasana yang asri dan tenang yang dapat menampung sekitar 60 jamaah.

7. Ruang Kesenian

PPPPTK Matematika memiliki fasilitas kesenian berupa peralatan band lengkap serta group musik Triangle Band yang sering tampil dalam acara malam keakraban peserta diklat atau acara-acara lembaga.

8. Koperasi

Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Kartika” menyediakan berbagai layanan bagi karyawan dan peserta diklat PPPPTK Matematika. Jenis layanannya antara lain pemesanan tiket (pesawat, kereta api, bus dan  travel), jasa laundry, fotokopi,   kebutuhan sehari-hari, oleh-oleh khas kota Yogyakarta, souvenir, voucher isi ulang, dan transportasi (rental mobil).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

nbsp;